UNTUK INDONESIA
Pesawat Trigana Air Tergelincir di Bandara Sentani
Pesawat Boeing 737-300 milik PT. Trigana Air Service dengan registrasi PK-YSG tergelincir hingga keluar landasan Bandara Sentani Jayapura Papua.
Pesawat Boeing 737-300 milik PT. Trigana Air Service dengan registrasi PK-YSG tergelincir hingga keluar landasan Bandara Sentani. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Jayapura - Pesawat Boeing 737-300 milik PT. Trigana Air Service dengan registrasi PK-YSG tergelincir hingga keluar landasan Bandara Sentani Jayapura, Papua, Selasa, 25 Februari 2020 pagi .

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. Namun, aktifitas penerbangan di bandara Sentani dihentikan sementara. Penyebab insiden tersebut pun masih didalami.

Runway belum bisa digunakan karena kejadian ini.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi pada pukul 08.00 WIT. Bermula ketika pesawat yang dipiloti Kapten Marsa itu hendak bertolak dari Sentani menuju Wamena, dengan mengangkut sembako dan bahan logistik lainnya. Saat posisi line up, roda sebelah kanan pesawat mengalami gangguan.

Pesawat TergelincirKondisi Boeing 737-300 saat berada di bahu landasan Bandara Sentani Jayapura, Papua, Selasa 25 Februari 2020. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Komandan Landasan Udara (Danlanud) Silas Papare, Marsma Tribowo Budi Santoso mengatakan proses evakuasi pesawat masih berlangsung saat ini.

“Runway belum bisa digunakan karena kejadian ini. Maksimal sampai jam 12 kami usahakan,” singkatnya saat dihubungi dari Kota Jayapura.

Perwakilan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Papua, Nobertus Tunyanan mengatakan, pihaknya bersama otoritas bandara masih mengupayakan pesawat bisa dikeluarkan dari bahu landasan. Logistik dalam pesawat tengah dikeluarkan guna mempercepat proses evakuasi.

“Pesawat masih di landasan. Bongkar muat masih dilakukan guna mempercepat evakuasi pesawat,” kata Nobertus.

Nobertus menambahkan, pihaknya akan melakukan investigasi untuk mengetahui pasti penyebap kejadian tersebut. Sementara, pihak Angkasa Pura I belum memberikan keterangan resmi terkait tergelincirnya pesawat Boeing 737-300.

Berita terkait
Pesawat Turki Tergelincir, 3 Penumpang Tewas
Tiga orang tewas dan 179 lainnya mengalami cedera ketika sebuah pesawat Turki tergelincir di landasan pacu.
Tergelincir, Pesawat Alfra Trans Nyaris Masuk Jurang di Ujung Bandara
Pilot sulit mengendalikan pesawat sehingga tergelincir di Bandara Kasonaweja, Papua.
Pesawat Garuda Tergelincir, Pendeknya Landasan Pacu Adisutjipto Penyebabnya?
Pesawat Garuda Indonesia GA210 CGK-JOG sempat tergelincir saat mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.
0
Bubarkan Salat Berjemaah di Parepare Berujung Polisi
Seorang camat di Kota Parepare Sulsel dilaporkan ke polisi karena berusaha membubarkan jemaah yang hendak salat Jumat berjemaah.