UNTUK INDONESIA
Pesawat Tabrak Rumah di Kongo, 23 Orang Tewas
Sebuah pesawat kecil jenis Dornier-288 menabrak rumah di kota Goma, Republik Demokratik Kongo, 23 orang tewas.
Sebuah pesawat kecil jenis Dornier-228 milik maskapai Busy Bee, menabrak rumah di permukiman padat di kota Goma,Republik Demokratik Kongo, 23 orang tewas. (Foto: Channel News Asia|AP Photo|Justin Kabumba)

Jakarta - Sebuah pesawat kecil jenis Dornier-228 milik maskapai Busy Bee, menabrak rumah di permukiman padat di kota Goma, Republik Demokratik Kongo. Insiden yang terjadi pada Minggu 24 November itu mengakibatkan 23 orang tewas dan puluhan rumah rusak berat.

Koordinator layanan penyelamatan dari Bandara Goma, Joseph Makundi mengatakan semua penumpang di pesawat meninggal. Namun belum bisa dipastikan pesawat itu membawa berapa penumpang dan awak kabin. "Berdasarkan data yang kami miliki, hingga kini ada 23 mayat yang berhasil ditemukan," katanya kepada AFP seperti dikutip Channel News Asia.

Hingga kini petugas masih mengidentifikasi para korban yang tewas. Dari foto-foto yang diambil AFP, terlihat gumpalan asap hitam dan api dari pasawat nahas yang terbakar itu. Penduduk setempat masih berdatang untuk melihat bangkai pesawat, dan sebagian mencari tahu apakah ada keluarga yang ikut tewas.

Kecelakaan PesawatWarga berhamburan keluar menyelamatkan diri setelah pesawat kecil jatuh menabrak rumah. Sekitar 23 orang dinyatakan tewas dalam insiden itu. (Foto: Channel News Asia|PAMELA TULIZO|AFP)

Seorang pejabat Bandara Goma Richard Mangolopa mengatakan pesawat itu bertujuan ke kota Beni, sekitar 350 kilometer (220 miliar) utara Goma. Namun belum lama lepas landas, mesin pesawat itu mengalami masalah. Pesawat Dornier itu jatuh di permukiman dekat bandara. "Tidak ada penumpang di pesawat yang selamat," katanya kepada AFP.

Berdasarkan keterangan staf maskapai penerbangan Busy Bee, Heritier Said Mamadou, pesawat itu membawa 17 penumpang dan dua awak kabin. "Pesawat lepas landas sekitar pukul 07.00 GMT," katanya.

Busy Bee, maskapai yang baru didirikan memiliki tiga pesawat, melayani rute penerbangan di Provinsi Kivu Utara. "Pilot gagal lepas landas," kata Gubernur Nord Kivu Carly Nzanzu Kasivita dalam sebuah pernyataan. Misi PBB yang dikerahkan di Kongo, MONUSCO mengirim dua mobil pemadam kebakaran.

Kecelakaan pesawat sering terjadi di Kongo, negara di kawasan Afrika Tengah yang sering dilanda konflik. Bulan lalu, pesawat kargo, Antonov-72 yang menyediakan bantuan logistik dengan membawa delapan penumpang dan awak kabin hilang setelah lepas landas dari Bandara Goma. Pada September 2017, pesawat kargo Antonov yang disewa tentara, jatuh di dekat ibukota Kinshasa menewaskan 12 orang.[]

Berita terkait
Pilot Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat adalah Penerbang Tempur Terbaik Indonesia
Kolonel Pnb MJ Hanafie merupakan salah satu penerbang TNI AU cemerlang yang berkesempatan mencoba manuver "Cobra Pugachev" dengan pesawat tempur Sukhoi.
Tiga Orang Ini Selamat dari Kecelakaan Pesawat, dari Indonesia Bocah 12 Tahun
Sebagus-bagusnya perawatan bila sudah saatnya jatuh ya pastilah jatuh. Ini kisah tiga orang selamat dari pesawat jatuh.
Pilot Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat adalah Penerbang Tempur Terbaik Indonesia
Kolonel Pnb MJ Hanafie merupakan salah satu penerbang TNI AU cemerlang yang berkesempatan mencoba manuver "Cobra Pugachev" dengan pesawat tempur Sukhoi.
0
Jadwal Lengkap Acara Televisi Jumat 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap acara televisi nasional yang tayang hari ini Jumat, 1 Mei 2020, dari mulai sinetron Ramadan hingga acara gosip.