UNTUK INDONESIA
Pesan Jokowi untuk Paguyuban Kerukunan Daerah di Papua
14 Ketua Paguyuban Kerukunan berbagai daerah yang tinggal di Papua menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan.
Presiden Joko Widodo (kanan) memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Jakarta - 14 Ketua Paguyuban Kerukunan berbagai daerah yang tinggal di Papua menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019. Mereka ingin memberikan dukungan pada Jokowi dalam rangka menciptakan ketertiban dan ketentraman, termasuk kelancaran pembangunan di Papua.

"Sebagai masyarakat kita mendukung semua pihak termasuk pemerintah-pemerintah daerah untuk membuat suasana yang tentram, aman, kondusif dalam menjalankan kehidupan aktivitas sosial, kemasyarakatan di Papua," ucap Ketua Paguyuban Sulawesi Selatan Mansyur di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.

Perwakilan paguyuban kerukunan yang terdiri dari paguyuban Sulawesi Selatan, paguyuban Jawa Madura, paguyuban Kawanua, paguyuban Sriwijaya, paguyuban Minang Saia, paguyuban kerukunan Maluku Utara, dan Jawa Barat ini berharap dengan pertemuan, Papua dapat aman dan terhindar dari konflik.

"Kita meminta kepada Presiden Bapak Joko Widodo bahwa ke depan tidak ada lagi kerusuhan seperti ini di Papua. Soal menyampaikan aksi unjuk rasa itu hak dan kewajiban rakyat dan dijamin dengan Undang-Undang. Tapi kita mencoba, korban seperti kemarin yang terjadi di Wamena dan Jayapura untuk tidak ada lagi korban harta dan jiwa di Papua seluruhnya," tuturnya.

Perwakilan Paguyuban14 Ketua Paguyuban Kerukunan berbagai daerah yang tinggal di Papua menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Popy Rakhmawaty)

Pesan Jokowi

Seusai pertemuan, Mansyur mengatakan Jokowi berpesan agar menciptakan kedamaian dan ketentraman di Papua. Seluruh masyarakat harus kembali tenang, bersatu, dan bersaudara.

"Antar seluruh paguyuban baik Papua maupun non Papua," ucapnya.

Jokowi, kata dia, akan menyampaikan bahwa dia akan segera berkunjung ke Papua, tak terkecuali ke Wamena dan Jayapura.

"Ya berkunjung pasti agenda pemerintahan. Sebagai presiden kan semua melihat rakyatnya, daerahnya apa yang akan dibangun, apa yang diprioritaskan, pasar dan ruko-ruko yang terbakar, rumah warga beliau akan diprioritaskan, pembangunannya," tuturnya. []

Berita terkait
Pesan PPP pada Jokowi dalam Kabinet Kerja Jilid II
Wakil Sekretaris Jenderal DPP PPP Achmad Baidowi percaya Presiden terpilih akan memperhatikan memperhatikan parpol "berkeringat" menangkan Jokowi.
Dominggus Mandacan Sampaikan Pesan Jokowi untuk Papua
Presiden Joko Widodo mengharapkan masyarakat Provinsi Papua Barat menahan diri dan hidup dalam kedamaian.
Wiranto: Presiden Tak Pernah Berpikir Anaktirikan Papua
Wiranto menegaskan jika Papua sama sekali tidak pernah dianaktirikan oleh pemerintah pusat.
0
Klasemen Liga 1, Persaingan Bali United Vs Persipura
Pimpinan klasemen Bali United belum bisa memastikan juara Shopee Liga 1 2019. Bali United disaingi Persipura Jayapura selain Madura United.