UNTUK INDONESIA
Pertamina MOR VIII Papua Cegah Corona di Kampung
PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VIII mendorong masyarakat Papua tingkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19.
Pihak Pertamina bersama warga Kelurahan Imbi, Kota Jayapura. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Jayapura - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VIII mendorong masyarakat di tingkat kampung agar lebih disiplin dalam pencegahan penyebaran pandemi virus Corona, di Provinsi Papua.

Dukungan itu disampaikan Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero) Edi Mangun, dalam peresmian Kampung Siaga Covid-19 di Kelurahan Imbi, Kota Jayapura, Selasa 1 September 2020.

Kami berharap program ini terus ditingkatkan hingga ke semua RT dan kelurahan.

Melalui Kampung Siaga Covid-19, Pertamina fuel terminal Jayapura memberikan pendampingan bagi masyarakat melalui berbagai kegiatan pemberdayaan.

"Kampung Siaga Covid-19 yang dibentuk dan dibina Pertamina fokus pada tiga hal utama. Pertama, meningkatan kapasitas tim Satgas tingkat kampung dalam mengedukasi dan sosialisasi protokol kesehatan, mendistribusikan bantuan paket pencegahan Covid-19 seperti masker dan tempat cuci tangan," kata Edi.

Kedua, memantau dan meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya kelompok rentan seperti ibu hamil, lansia, anak-anak, dan warga dengan penyakit penyerta.

"Terakhir, memberikan bantuan pemulihan ekonomi melalui peningkatan ketahanan pangan masyarakat," jelasnya.

Edi mengatakan, masyarakat tidak diposisikan sebagai objek dalam program pendampingan itu. Namun juga sebagai subjek dalam pencegahan dan penanganan dampaknya.

Pertamina Fuel Terminal Jayapura juga memberikan pelatihan dan pendampingan guna meningkatkan ketahanan pangan melalui kegiatan Kebun Sehat, pertanian dan peternakan berbasis rumah tangga. Sehingga pasokan makanan sehat di tingkat rumah tangga tetap tersedia.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat memunculkan rasa kepedulian antar warga untuk membantu warga lain yang diharuskan isolasi mandiri, dengan cara membantu pasokan pangan mereka," ujar Edi.

Kepala Distrik Jayapura Utara, Adam Rumbiak mengapresiasi pihak Pertamina mendukung terbentuknya Kampung Siaga Covid-19.

"Ini merupakan hal yang harusnya dibuat dari awal dalam menyikapi situasi pamdemi Covid-19, apalagi di Kota Jayapura masih tertinggi tingkat penyebarannya. Kami sangat apresiasi," ucap Adam.

Senada dengan Adam, Ketua RT 03/RW 05 Kelurahan Imbi yang juga salah satu tokoh masyarakat, Beni Sineri, mengungkapkan harapannya kepada pihak Pertamina.

"Kami berharap program ini terus ditingkatkan hingga ke semua RT dan kelurahan agar seliruh masyarakat merasakan perhatian dari pihak Pertamina," kata Beni. []

Berita terkait
Pembunuh Staf KPU dan 2 Warga Yahukimo Papua Diburu
Pengejaran terhadap pelaku pembunuhan staf KPU Yahukimo dan dua warga lainnya dikerahkan 50 personel gabungan dari Polda, Polres, dan Kodim.
OPM Serahkan Pistol dan Amunisi ke Polda Papua
Seorang simpatisan Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) inisal PJ menyerahkan senjata api beserta amunisinya.
Kantor BKD Mamberamo Raya Papua Dibakar Massa
Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, hangus dibakar massa. Ini pemicunya.
0
Pertamina MOR VIII Papua Cegah Corona di Kampung
PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VIII mendorong masyarakat Papua tingkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19.