UNTUK INDONESIA
Pembunuh Staf KPU dan 2 Warga Yahukimo Papua Diburu
Pengejaran terhadap pelaku pembunuhan staf KPU Yahukimo dan dua warga lainnya dikerahkan 50 personel gabungan dari Polda, Polres, dan Kodim.
Aparat gabungan polisi dan TNI menyisir rumah warga guna menangkap para pelaku dalam 3 kasus pembunuhan. (Foto: Tagar/Humas Polda Papua)

Jayapura – Kepolisian Daerah Papua terus memburu Ananias Yalak, pembunuh Staf KPU Kabupaten Yahukimo bernama Hendry Jovhinski, 24 tahun. Ananias ditetapkan buron setelah kepolisian setempat memasukkannya dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Penyisiran rumah warga kembali dilakukan aparat gabungan polisi dan TNI, Senin 31 Agustus 2020, tak jauh dari lokasi dibunuhnya Hendry, pada 11 Agustus 2020 lalu. Sebanyak 50 personel dari Satuan Brimob Polda Papua, Kodim 1715 Yahukimo, dan Polres Yahukimo dikerahkan dalam penyisiran untuk menangkap Ananias disinyalir memiliki hubungan emosional dengan warga setempat.

Penyisiran dan razia Sajam kami lakukan sebagai upaya mencari para pelaku pembunuhan.

Selain itu, penyisiran juga untuk mengungkap pelaku lainnya dalam kasus pembunuhan Muhammad Thoyid, 39 tahun, seorang pekerja meubel di jalan Bandara Nop Goliat, Distrik Dekai pada 20 Agustus 2020 lalu, serta pekerja toko bangunan bernama Yausan 31 tahun, di jembatan buatan Jalan Gunung, Distrik Dekai, pada Rabu 26 Agustus 2020 lalu.

Wakil Direktur Intelkam Polda Papua Ajun Komisaris Besar Angling Guntoro yang ditugaskan ke Yahukimo, memimpin jalannya penyisiran sekaligus razia senjata tajam. Ia menekankan agar setiap personel menerapkan protokol tetap serta mengutamakan keselamatan.

Personel gabungan dibagi menjadi tiga tim dan disebar ke tiga lokasi pembunuhan. Antaralain di jembatan Kali Buatan, titik kedua di lokasi Pasar Baru, dan lokasi ketiga di kompleks Perumahan DPRD lama, Distrik Dekai.

"Penyisiran dan razia Sajam kami lakukan sebagai upaya mencari para pelaku pembunuhan. Selain itu, menjamin situasi keamanan di Kabupaten Yahukimo," ujar Guntoro, Senin, 31 Agustus 2020.

Dari hasil razia, pihaknya berhasil menyita sejumlah senjata tajam. Antaralain tujuh busur panah, 100 anak panah, empat senapan angin, tiga tas noken serta empat buah gelang bercorak Bintang Kejora, dua tombak, dan tiga bilah parang panjang.

"Penyisiran dan razian Sajam berlangsung kurang lebih 3 jam. Selanjutnya senjata tajam hasil sitaan diangkut ke Mapolres Yahukimo," kata Guntoro.

Untuk diketahui, tiga kasus pembunuhan sadis secara berantai ini telah menyita perhatian publik. Karenanya, Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw mengirim tiga pejabat utamanya untuk mengusut tuntas kasus yang membuat ketakutan masyarakat Yahukimo.

Sebelumnya, aparat gabungan pernah memburu Ananias di sebuah rumah, kawasan hutan disinyalir sebagai tempat persembunyiannya. Namun, tidak ditemukan tempat itu.

"Hasil dari olah TKP telah cukup dan juga dilakukan reposisi oleh Dir Krimum Polda Papua, jajaran Satuan Reskrim Polres Yahukimo dan di backup jajaran Intelkam Polda Papua dan Intelkam Polres Yahukimo," ujar Waterpauw.

Menurutnya, ada keterkaitan kasus pembunuhan Hendry Jovhinski dengan pembunuhan perantau asal Pasuruan Jawa Timur bernama Muhammad Thoyid, 39 tahun, di Jalan Bandara Nop Goliat Diatrik Dekai, pada 20 Agustus 2020 lalu.

Thoyid dibunuh secara sadis untuk megaburkan pelaku dalam kasus pembunuhan Jovhinski. Namun jarak lokasi pembunuhan dua orang tersebut, secara berantai, memudahkan polisi melakukan penyelidikan.

Diperkuat lagi dengan ciri-ciri yang disampaikan saksi Kenang Mohi, 35 tahun, rekan kerja almarhum Jovhinski yang selamat saat kejadian.

"Tetapi pembunuhan terhadap Hendry Jovhinski adalah kasus yang utama," ucap Waterpauw. []

Berita terkait
Ini Identitas Pelaku Pembunuhan Staf KPU Yahukimo
Pelaku pembunuhan Staf KPU Yahukimo bernama Hendry Jovhinski, 24 tahun, pada 11 Agustus 2020 lalu, akhirnya terungkap. Ini identitasnya.
Dukungan Warga Papua Ungkap Pembunuhan di Yahukimo
Kapolda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw meminta dukungan para tokoh masyarakat di Yahukimo untuk menangkap pelaku pembunuhan
Pembunuhan Sadis Kembali Terjadi di Yahukimo Papua
Pembunuhan sadis kembali terjadi di Kabupaten Yahukimo, Papua. Ini identitas dan kronologi korban dibunuh OTK.
0
Pembunuh Staf KPU dan 2 Warga Yahukimo Papua Diburu
Pengejaran terhadap pelaku pembunuhan staf KPU Yahukimo dan dua warga lainnya dikerahkan 50 personel gabungan dari Polda, Polres, dan Kodim.