UNTUK INDONESIA
Pertalite Bikin Tarikan Motor Lebih Ringan
Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite, membuat mesin lebih bertenaga.
Pertalite Palsu. Menurut Kapolda Jawa Barat, pelaku pengoplosan BBM Pertalite ini mendapatkan kondensat dari salah satu perusahaan. "M ini dapat kondensat dari perusahaan PT Harindo Putra Jaya yang bergerak di bidang perminyakan," (Foto: Ist)

Padang - Sejak beralih menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite, influencer asal Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Ade Suhendra, mengaku peforma kendaraannya makin meningkat.

Sampai sekarang saya pakai pertalite, irit, mesin lebih terjaga dan tidak ada masalah lagi.

Sebelumnya, Ade menggunakan BBM jenis premium. Namun karena boros dan menyisakan ampas di mesin kendaraan, dia mencoba memakai pertalite.

"Sampai sekarang saya pakai pertalite, irit, mesin lebih terjaga dan tidak ada masalah lagi pada mesin," katanya, Senin 30 Desember 2019 di Padang.

Selain itu, lanjut pria pemilik akun Instagram berfollower ratusan ribu ini, bunyi mesin kendaraan juga lebih halus. Kelebihan lainnya, pertalite non-timbal dan dapat memberikan kualitas kebersihan ruang bahan bakar ketimbang premium.

Jika kembali menggunakan premium, menurutnya, secara otomatis akan mengalami penurunan kualitas performa. Apalagi penggunaan premium dalam mesin berkompresi tinggi akan menyebabkan knocking. Premium di dalam mesin kendaraan akan terbakar dan meledak tidak sesuai gerakan piston.

Knocking menyebabkan tenaga mesin berkurang, sehingga terjadi pemborosan atau inefisiensi. jika knocking berkepanjangan mengakibatkan kerusakan pada piston sehingga komponen tersebut lebih cepat diganti.

"Kandungan RON dalam Premium adalah RON 88, sedangkan pertalite sudah diangka 90 tentunya ini juga jadi pertimbangan saya," jelas pemilik akun Instagram Sudut Payakumbuh itu.

Menurutnya, pertalite memiliki keunggulan lebih baik daripada premium, selain harganya yang relatif tidak terlalu tinggi, bahan bakar ini juga cukup diminati oleh banyak kalangan, termasuk anak muda. []


Berita terkait
Pertamina Terapkan B30 di Sumbar 2020
Pertamina telah merealisasikan Biosolar B20. Tahun 2020, pemerintah menetapkan komposisi FAME dari B20 menjadi B30.
Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga Februari 2020
Gubernur Sumatera Barat menetapkan status siaga darurat bencana hingga Februari 2020.
Waspada, Sumbar Masih Dikepung Cuaca Ekstrem
Wilayah Sumatera Barat masih dikepung cuaca ekstrem. Kondisi ini diperkirakan akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan.
0
Dapat Stimulus Pemerintah, Garuda Akan Turunkan Harga Tiket
Garuda Indonesia akan menyesuaikan harga tiket pesawat seiring kebijakan stimulus subsidi penerbangan tarif Jasa Penumpang Pesawat Udara.