UNTUK INDONESIA
Persipura Tetap Waspadai Permainan Kalteng Putra
Persipura Jayapura tak meremehkan Kalteng Putra meski posisi kedua tim sangat bertolak belakang. Laga digelar pada Kamis 12 Desember 2019.
Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago (kiri) tetap mewaspadai Kalteng Putra dalam duel Shopee Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Kamis 12 Desember 2019. (Foto: Tagar/Tiva Rianthy)

Palangka Raya - Persipura Jayapura bertengger di posisi tiga klasemen sementara Shopee Liga 1 2019. Sebaliknya, Kalteng Putra berada di dasar klasemen. Posisi yang sangat bertolak belakang. Namun Persipura tak meremehkan lawan dan mewaspadai Kalteng Putra dalam duel di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Kamis 12 Desember 2019.

Persipura, di atas kertas, lebih diunggulkan meski tampil di kandang lawan. Tim Mutiara Hitam juga termotivasi meraih poin untuk mempertahankan persaingan memperebutkan posisi kedua. 

Sebaliknya, Kalteng Putra hampir dipastikan kembali ke Liga 2 musim depan. Dengan memiliki poin 30, mereka memang secara matematis masih berpeluang keluar dari zona degradasi. 

Persoalannya bagaimana mereka mengejar ketinggalan poin. Persaingan di Liga 1 musim ini begitu ketat

Namun tidak mudah bagi tim promosi ini untuk melakukannya. Apalagi, mereka sudah tertinggal enam poin dari Barito Putera yang menduduki peringkat 15 atau posisi aman degradasi. Jadi kecil peluang Laskar Isen Mulang untuk bertahan di Liga 1.

Hanya Persipura tak menganggap remeh lawan. Pelatih Jacksen F. Tiago tegaskan tim tetap menaruh respek kepada tuan rumah.

"Siapa pun yang bermain pasti ingin meraih hasil terbaik. Begitu pula dengan kami. Namun hasilnya diserahkan kepada Tuhan. Kami tetap respek kepada tim lawan," kata Jacksen di Palangka Raya, Rabu 11 Desember 2019.

Menurut Jacksen, Kalteng Putra yang berada di zona degradasi justru termotivasi untuk bangkit. Pasalnya mereka secara 'matematika' masih ada peluang. 

"Persoalannya bagaimana mereka mengejar ketinggalan poin. Persaingan di Liga 1 musim ini begitu ketat. Selisih poin Persipura dengan Kalteng Putra pun tidak terlalu jauh, 18 poin," ujar pelatih asal Brasil ini. 

Selain itu Kalteng Putra sempat bermain di luar kandang cukup lama. Pada awal kompetisi, tim bermarkas di Bantul karena stadion di Palangkaraya yang digunakan untuk menjamu lawan-lawannya di laga kandang masih direnovasi. Bermain di Bantul, Kalteng Putra sering kehilangan poin meski melakukan start bagus di kompetisi. 

Persoalan internal seperti pembayaran gaji terlambat juga mempengaruhi pemain. Bahkan pemain sempat mogok latihan sehingga ini berdampak pada permainan.

"Saya memang membaca di media ada persoalan internal di Kalteng Putra. Sebaik apa pun tim bila mengalami masalah itu pasti akan mengalami kesulitan. Apalagi persaingan di Liga 1 sangat ketat," ujarnya.

Hanya Jacksen memilih fokus pada Persipura bagaimana memenangkan laga tersebut. Menurutnya tim bakal bekerja keras karena tidak bisa menurunkan skuat terbaik. 

Persipura tidak diperkuat dua striker andalan, kapten Boaz Solossa dan Mamadou Samassa. Problem kesehatan membuat Boaz terpaksa absen. Sedangkan Samassa tidak bisa dimainkan setelah mengantongi kartu merah di laga sebelumnya. []

Berita terkait
Persipura Vs PSIS, Kembali ke Peringkat 2
Persipura Jayapura merebut kembali peringkat dua klasemen Shopee Liga 1 2019 usai mengalahkan PSIS Semarang 2-0, Rabu 4 Desember 2019.
Persipura Bisa Rusak Pesta HUT Persija
Persipura Jayapura bisa merusak perayaan ulang tahun ke-91 Persija Jakarta dalam duel di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis 28 November 2019.
Semen Padang Vs Kalteng Putra, Duel Krusial
Tim penghuni zona degradasi Shopee Liga 1 2019, Semen Padang FC dan Kalteng Putra, bertemu dalam duel krusial. Duel yang disebut bak final.
0
Bentjok dan Heru H Belum Bayar Utang ke Asabri
Anjloknya aset Asabri saat ini dfisebabkan oleh penurunan nilai investasi yang sebagian ditempatkan di perusahaan Bentjok dan Heru Hidayat.