Perlu Payung Hukum 12 Pantai Habitat Penyu di Gunungkidul

Ada 12 pantai di Gunungkidul sebagai pendaratan penyu. Pemkab mengusulkan agar ada payung hukum untuk menjaganya.
Salah satu tempat pendaratan penyu di Pantai Wediombo di Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. (Foto: Tagar/Rahmat Jiwandono)

Gunungkidul - Sedikitnya ada 12 pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ditetapkan sebagai tempat pendaratan penyu. Hal tersebut diatur dalam keputusan Bupati Gunungkidul nomor 16/2016 tentang penetapan pantai di Gunungkidul sebagai habitat penyu.

Pantai-pantai tersebut antara lain pantai Kayu Arum, Porok, Sanglen, Ngrumput, Watu Nene, Seruni, Wediombo, Jungwok, Greweng, Sedahan, Dadapan, dan Ngrokoh. Pantai-pantai itu berada di Kecamatan Girisubo, Tepus, Tanjungsari, Saptosari, dan Purwosari.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Gunungkidul, Krisna Berlian mengatakan, karakteristik penyu tidak akan mendarat ke sebuah pantai jika ada banyak manusia. Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan untuk dibuatkan payung hukum.

Baca Juga:

"Tujuannya untuk agar pantai-pantai tersebut tidak dibuka untuk umum supaya penyu punya pantai untuk mendarat," ujarnya, Rabu, 7 Oktober 2020.

Keberlangsungan mereka juga harus terus dilestarikan.

Dijelaskannya, jenis-jenis penyu yang mendarat di pantai Bumi Handayani yaitu penyu hijau, penyu abu-abu, penyu sisik, penyu pipih, dan penyu tempayan. Penyu-penyu ini merupakan jenis penyu yang dilindungi. "Keberlangsungan mereka juga harus terus dilestarikan," kata dia.

Menurut dia, penyu biasanya mendarat pada malam hari. Diakuinya, dalam menjaga kelestarian ekosistem lingkungan dan hewan, kendala yang ditemui ialah sedang gencarnya promosi kawasan pantai.

"Situasi yang ada saat ini penyu-penyu sudah terlebih dahulu mendarat di sana, sedangkan wisata baru-baru ini dan memang mendatangkan keuntungan. Saya rasa keduanya perlu diperhatikan," katanya.

Baca Juga:

Terpisah, Penjaga Pantai Watu Nene, Suwito Sumarno mengatakan, ia tidak tahu jika pantai watu nene menjadi spot pendaratan penyu. Untuk itu, ia akan ikut menjaga kelestarian penyu.

Di sisi lain, akses jalan untuk menuju ke sana belum baik. Sehingga memang jarang ada wisatawan yang datang. "Jalannya belum dibuat cor blok. Itu yang membuat belum banyak wisatawan ke sini," terangnya. []

Berita terkait
Kembalinya Sarang Penyu di Pesisir Pantai Koh Samui
Ratusan bayi penyu muncul di kawasan pesisir Pulau Koh Samui, Thailand, sejak pandemi Covid-a9 melanda. Warga setempat juga menemukan sarang.
Abrasi Ancam Konservasi Penyu di Trisik Kulon Progo
Abrasi di Pantai Trisik Kulon Progo, Yogyakarta, kian parah. Keberadaannya mengancam konservasi dan penangkaran penyu di lokasi tersebut.
Polairud Polda Bali Tangkap Penyelundup 36 Penyu
Polairud Polda Bali menangkap tujuh orang dalam penyelundupan hewan dilindungi yakni penyu di Perairan Serangan, Denpasar, Bali.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.