Peringati Maulid Nabi, Jokowi: Tumbuhkan Semangat Kepedulian

Jokowi memberi ucapan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad 2021 kepada umat Islam di seluruh Indonesia lewat akun media sosial miliknya.
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. (Foto: Tagar/Instagram/@jokowi)

Jakarta - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) memberi ucapan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad 2021 kepada umat Islam di seluruh Indonesia lewat akun media sosial miliknya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan semangat kepedulian antara sesama masyarakat agar bangsa Indonesia bisa melalui masa sulit pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir hingga saat ini

Jokowi turut mengutip hadis Nabi Muhammad SAW terkait anjuran untuk tetap peduli terhadap lingkungan sekitar. Terlebih lagi, Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini masih di peringati di tengah pandemi virus corona.


Mari, mengambil suri teladan dari sosok baginda Nabi Muhammad SAW begitu penyabar berakhlak mulia dan mendahulukan umatnya. 


"Nabi Muhammad SAW bersabda, "siapa yang melepaskan kesusahan saudaranya maka Allah akan melepaskan kesusahannya nanti pada hari kiamat." Dengan semangat kepedulian itulah, bangsa kita mampu melalui masa-masa sulit pandemi ini," cuit Jokowi dalam akun Twitter resminya @jokowi, Selasa, 19 Oktober 2021.

Sementara dalam akun Instagramnya, ia mengatakan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2021,  diperingati di tengah pandemi yang menguji kesabaran kita sebagai insan beriman.

"Mari, mengambil suri teladan dari sosok baginda Nabi Muhammad SAW begitu penyabar, berakhlak mulia, dan mendahulukan umatnya," ucapnya.

Baginda Nabi bersabda, "Siapa yang melepaskan kesusahan saudaranya maka Allah akan melepaskan kesusahannya nanti pada hari kiamat," tulis Jokowi.

"Dengan semangat kepedulian itulah, bangsa kita mampu melalui masa-masa sulit ini," ucapnya.

Peringatan Maulid Nabi 2021 jatuh pada Selasa 19 Oktober 2021 atau 12 Rabiul Awal 1443 Hijriah. Biasanya, hari peringatan Maulid Nabi turut dijadikan hari libur oleh pemerintah. Namun, hari libur perayaan Maulid Nabi 2021 digeser dari sebelumnya Selasa, 19 Oktober menjadi Rabu, 20 Oktober 2021.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan alasan menggeser hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk mencegah tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 akibat pergerakan massa secara besar-besaran. []

Berita terkait
Arahan Jokowi Pada Direktur BUMN: Kita Bangun Profesionalisme
Jokowi menekankan pentingnya untuk membangun profesionalisme dan nilai-nilai dasar di dalam diri para pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Jokowi Minta Adaptasi Teknologi Secepatnya Dorong BUMN Go Global
Presiden Jokowi menginginkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk dapat bersaing di kancah internasional
Jokowi Tekankan Pentingnya Profesionalisme Kepada Dirut BUMN
Jokowi tekankan pentingnya untuk membangun profesionalisme dan nilai-nilai dasar di dalam diri para pimpinan BUMN
0
Peringati Maulid Nabi, Jokowi: Tumbuhkan Semangat Kepedulian
Jokowi memberi ucapan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad 2021 kepada umat Islam di seluruh Indonesia lewat akun media sosial miliknya.