Peringati Hari Pahlawan, Simak 5 Rekomendasi Film Ini!

Hari ini rakyat Indonesia tengah merayakan Hari Pahlawan ditetapkan pada tanggal 10 November meskipun merujuk pada peristiwa pertempuran Surabaya.
Pemeran karakter Kartini, Soelastri, dan Roekmini dalam film Kartini. (Foto: Tagar/Instagram/@kartinifilm)

Jakarta – Hari ini rakyat Indonesia tengah merayakan Hari Pahlawan. Ditetapkan pada tanggal 10 November, meskipun merujuk pada peristiwa pertempuran di Surabaya, Hari Pahlawan tetap dijadikan sebagai hari untuk mengenang berbagai peristiwa bersejarah.

Banyak cara untuk memperingati Hari Pahlawan, salah satunya dengan mengenang seluruh kisah pahlawan lewat film yang bisa kita nikmati. Banyak film yang mengangkat kisah tentang perjuangan tokoh maupun peristiwa bersejarah. Berikut adalah 5 rekomendasi film yang cocok ditonton di Hari Pahlawan.


1. Sang Kiai (2013)

Film yang mengangkat suasana penjajahan Jepang di tahun 1942 ini menceritakan kisah tentang pelarangan pengibaran bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan memaksa rakyat untuk melakukan Sekerei (penghormatan kepada kaisar Jepang).

KH Hasyim Asyari, tokoh besar agama saat itu, menolak keras Sekerei karena dianggap penyimpangan ajaran agama Islam. Karena itu, ia ditangkap oleh Jepang. Menuntut kebebasan KH Hasyim Asyari, salah seorang santri bernama Harun menghimpun kekuatan seluruh santri untuk melakukan demo hingga banyak korban berjatuhan.


2. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Mengangkat kisah Soekarno, film ini menceritakan tentang kehidupan Seokarno yang lahir dengan nama Kusno hingga beranjak dewasa dan berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama Moh. Hatta pada tahun 1945.

Berbagai plot seperti Seokarno yang memberikan pidato untuk menyuarakan kemerdekaan negara, dirinya yang harus dipenjara karena tuduhan penghasutan dan pemberontakan, hingga kisah asmaranya dengan Fatmawati dikemas begitu baik dalam film ini.


3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Diperankan oleh Reza Rahardian, Oemar Said Tjokroaminoto merupakan kaum bangsawan Jawa yang lahir dari latar belakang agama yang kuat. Ia tidak bisa diam melihat kondisi kemiskinan rakyat dan kesenjangan sosial pasca Tanam Paksa.

Tjokroaminoto rela untuk meninggalkan gelar bangsawannya dan bekerja sebagai kuli. Ia berjuang membangun organisasi Sarekat Islam yang merupakan organisasi resmi bumiputera pertama dan terbesar. Ia juga berjuang atas hak dan martabat masyarakat yang terjajah.


4. Battle of Surabaya (2015)

Menceritakan petualangan remaja tukang semir sepatu bernama Musa, ia menjadi seorang kurir untuk memperjuangkan para pejuang arek Suroboyo dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dalam peristiwa pertempuran 10 November.

Dalam film ini kita juga bisa mengetahui kisah yang terjadi di balik tanggal 10 November. Sebagai bentuk mengenang para pahlawan di Surabaya, tanggal 10 November akhirnya ditetapkan sebagai Hari Pahlawan dan dijadikan sebagai hari penting serta bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia.


5. Kartini (2017)

Tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, film ini mengangkat kisah pejuang wanita paling popular, yaitu Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang akrab dengan panggilan Kartini. Di awal tahun 1900 Masehi, wanita masih dilarang untuk mengenyam pendidikan, bahkan untuk para Ningrat atau keturunan dari kerajaan.

Kartini merupakan sosok yang melawan tradisi sakral keluarga demi memperjuangkan kesetaraan hak untuk semua orang dan hak untuk menempuh pendidikan, khususnya bagi perempuan. Bersama kedua saudarinya, Kartini membuat sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk rakyat di Jepara.

(Rana Maheswari Ummairah)

Berita terkait
Film Perang Korea Unggul di Box Office China Oktober 2021
Kisah dramatis pertempuran menentukan dalam Perang Korea antara tentara China dan pasukan PBB pimpinan AS pecahkan rekor box office China
Film Venom 2 yang Dinantikan Kini Bakal Tayang di Bioskop
Salah satu karakter komik Marvel yang banyak digemari oleh banyak orang Venom, kini film keduanya akan tayang di bioskop Indonesia.
Hari Ini! Marvel Rilis Film Eternals yang Ditunggu Penggemar
Tertunda selama satu tahun karena pandemi Covid-19, film Marvel Cinematic Universe (MCU) fase keempat, Eternals rilis Jumat, 5 November 2021.
0
Peringati Hari Pahlawan, Simak 5 Rekomendasi Film Ini!
Hari ini rakyat Indonesia tengah merayakan Hari Pahlawan ditetapkan pada tanggal 10 November meskipun merujuk pada peristiwa pertempuran Surabaya.