UNTUK INDONESIA
Peringati Hari Konservasi, Pemuda Selayar Lakukan Ini
Taman Nasional Taka Bonerate Wilayah II Jinato, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, dibersihkan. Ini unsur yang terlibat.
Pantai Taka Bonerate di Kepulauan Selayar dibersihkan pemuda dan anak SD setempat dalam rangka merayakan hari konservasi alam nasional, Senin 10 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Ist)

Selayar - Taman Nasional Taka Bonerate Wilayah II Jinato, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, dibersihkan di hari konservasi alam nasional yang jatuh pada Senin, 10 Agustus kemarin. Pemerintah Desa Jinato, bersama Karang Taruna setempat, serta Komunitas Pemuda Konservasi (KPK) Jinato, terlibat aktif dalam gelaran aksi bersih kawasan taman nasional itu.

Ketua Komunitas Pemuda Konservasi (KPK) Jinato, Akbar menjelaskan, pada peringatan hari konservasi ini selain melakukan aksi bersih pantai juga dilakukan penanaman pohon cemara laut.

Lokasi bersih pantai berada di sepanjang pantai barat pulau Jinato Kepulauan Selayar.

Bahkan kata Akbar, penanaman pohon cemara laut ini juga melibatkan siswa dan tenaga pendidik. Pelibatan anak sekolahan itu dikemas dalam bentuk perlombaan.

"Lokasi bersih pantai berada di sepanjang pantai barat pulau Jinato Kepulauan Selayar. Aksi bersih sampah ini juga dilombakan buat adik-adik Sekolah Dasar," jelas Akbar, yang juga ketua Komunitas Peduli Konservasi (KPK) Jinato, Selasa, 11 Agustus 2020.

Dia menjelaskan, bagi siswa yang berhasil mengumpulkan banyak sampah plastik akan menjadi juara dan berhak mendapatkan hadiah dari panitia.

Disebutkan pula bahwa di akhir kegiatan bersih pantai, panitia berhasil mengumpulkan sampah plastik sebanyak 203 kilogram dengan total waktu dua jam saja.

Sebagai komunitas yang fokus pada konservasi wilayah II Jinato Taman Nasional Taka Bonerate, Akbar berharap agar kegiatan aksi bersih ini menjadi agenda tetap tahunan.

Sementara itu, Kepala Desa Jinato, Andi Sulistilawanti menuturkan bahwa hari konservasi alam nasional yang digelar ini tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Peringatan itu sekaligus dirangkaikan dengan lomba perayaan HUT RI ke 75. Sehingga ada lomba mengumpulkan sampah plastik buat pelajar SMP dan SD.

"Kami ucapkan selamat Hari Konservasi Alam Nasional 2020 dan Anak-anak ku selamat berlomba, dan tentunya tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19," kata Andi Sulistilawanti.

Terpisah, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Jinato, Aisyah Amnur menuturkan bahwa peringatan hari konservasi dan HUT RI tahun ini merupakan inisiasi dari komunitas pemuda desa setempat.

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada komunitas pemuda, yaitu Komunitas Peduli Konservasi (KPK) Jinato yang sudah menginisiasi  kegiatan ini," kata Aisyah Amnur. []

Berita terkait
Lecehkan Polwan, PJU Polres Selayar Dilaporkan
Kasat Reskrim Polres Kepulauan selayar dilaporkan ke Propam Polda Sulsel oleh sejumlah Polisi wanita terkait pidana pelecehan seksual.
PJU Polres Selayar Dilapor Soal Pelecehan
Seorang Pejabat Utama (PJU) Polres Kepulauan Selayar berinisial AM, 47 tahun, dilaporkan ke Propam Polda Sulsel terkait kasus pelecehan.
Mesin Rusak, KMN Naili 10 Kandas di Laut Selayar
Sebelum kandas di TN Takabonerate, KMN Naili 10 dihantam cuaca buruk sehingga menyebabkan mesin rusak dan lambung kapal bocor.
0
AC Milan Sudah Ingin Perpanjang Kontrak Ibrahimovic
AC Milan segera memperbarui kontrak striker Zlatan Ibrahimovic. Performa gemilang yang ditunjukkan membuat Ibrahimovic diperpanjang kontraknya.