Perhatikan! Ini Urutan Pemakaian Skincare Malam yang Tepat

Skincare tidak hanya penting digunakan sebelum Anda melakukan berbagai aktivitas, namun juga setelah melakukannya. Berikut urutan yang benar.
Ilustrasi – Wanita sedang memakai skincare di malam hari. (Foto: Tagar/Pexels/Cottonbro)

Jakarta – Skincare tidak hanya penting digunakan sebelum Anda melakukan berbagai aktivitas, namun juga setelah melakukannya. Untuk memaksimalkan pemakaian skincare pagi, Anda juga harus mengaplikasikan skinker malam sebelum tidur.

Meskipun sama-sama digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, skincare pagi dan malam memiliki produk dan urutan yang berbeda. Agar kulit wajah Anda tetap sehat dan glowing, berikut urutan pemakaian skincare malam yang tepat.


1. Make up remover

Setelah berkegiatan umumnya kotoran atau debu akan menempel di wajah kita, terlebih jika Anda beraktivitas di luar ruangan. Sebelum melakukan skincare malam, ada baiknya untuk membersihkan kotoran dan sisa make up dengan make up remover terlebih dahulu.

Gunakan produk penghapus make up yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Jika Anda memiliki tipe kulit normal, sebaiknya gunakan make up remover yang berbahan dasar minyak. Namun, jika kulit Anda berminyak, maka gunakan make up remover yang berbahan dasar air.


2. Facial wash

Make up remover saja tidak cukup menghapus dan membersihkan wajah Anda dari kotoran yang menempel. Untuk itu, cucilah muka Anda menggunakan sabun muka yang sesuai dengan tipe kulit wajah. 

Selain untuk membersihkan wajah, mencuci muka dengan facial wash juga membantu kulit Anda menyerap produk skincare malam lain secara lebih maksimal.


3. Scrub atau eksfloiasi

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat semua sisa kotoran dan sel-sel kulit mati. Anda bisa menggunakan scrub yang berbahan dasar alami ataupun produk yang biasa dijual di toko kecantikan. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa eksfloiasi tidak boleh dilakkan setiap hari. Cukup 1-2 kali dalam seminggu agar tidak menyebabkan kulit Anda iritasi.


4. Toner

Toner memiliki berfungsi untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. Oleh karena itu, produk ini mampu menyeimbangkan dan mengembalikan kembali kadar pH kulit. Selain itu, produk ini juga mampu melembabkan, menghaluskan, mengurangi noda, serta mengurangi kemerahan pada kulit.

Aplikasikan toner dengan kapas halus, lalu usap lembut ke seluruh bagian wajah secara merata. Sama seperti produk skincare lain, Anda harus memperhatikan kandungan toner yang akan digunakan. Pastikan produk toner yang dipakai sesuai dengan tipe jenis kulit Anda.


5. Serum

Untuk memberikan nutrisi bagi kulit wajah Anda, gunakan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Selain dapat melembabkan dan menghaluskan kulit wajah, serum-serum tertentu juga dapat mencerahkan, menghilangkan noda hitam bahkan memudarkan garis halus.

Cara pakainya mudah, cukup teteskan serum ke telapak tangan Anda lalu tepuk-tepuk ke wajah dengan lembut. Tunggulah sekitar 10-15 menit agar serum mengering dan dapat meresap dengan sempurna di kulit wajah Anda.


6. Eye cream

Eye cream atau krim mata merupakan salah satu perawatan wajah yang penting terutama bagi kalian yang memiliki kerutan di area mata dan mata panda.

Oleskan krim di jari dan usapkan ke area mata. Tepuk lembut bagian tersebut, lalu tunggu hingga 3-5 menit agar krim tersebut dapat meresap ke dalam permukaan kulit.


7. Night cream

Night cream atau krim malam merupakan skincare yang wajib digunakan sebelum tidur. Oleh karenanya, produk ini dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko kecantikan.

Hampir sama seperti moisturizer pada rutinitas skincare pagi, krim malam ini berfungsi untuk melembabkan kulit, memudarkan noda hitam dan menyamarkan kerutan yang ada di wajah.


8. Sleeping mask

Sleeping mask merupakan opsi lanjutan setelah Anda menggunakan night cream. Meski bersifat opsional, produk ini menghadirkan segudang manfaat bagi kesehatan kulit Anda, seperti memberikan nutrisi, dan kelembaban pada kulit wajah.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Cara Membedakan Skintone dengan Undertone
Jika kamu melihat orang yang memiliki warna kulit yang sama denganmu, belum tentu ia memiliki undertone yang sama denganmu.
7 Kandungan Skincare yang Bagus untuk Digabungkan
Menggabungkan kandungan skincare bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh kulit bersih, sehat, dan bersinar.
4 Langkah Mudah untuk Pemula Skincare
Brand-brand lokal pun mulai menawarkan produk-produk dengan berbagai macam kandungan yang menarik.
0
Perhatikan! Ini Urutan Pemakaian Skincare Malam yang Tepat
Skincare tidak hanya penting digunakan sebelum Anda melakukan berbagai aktivitas, namun juga setelah melakukannya. Berikut urutan yang benar.