7 Kandungan Skincare yang Bagus untuk Digabungkan

Menggabungkan kandungan skincare bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh kulit bersih, sehat, dan bersinar.
Produk skincare (Foto: Tagar/Pexels/Rodnae Production)

Jakarta - Menggabungkan kandungan skincare bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh kulit bersih, sehat, dan bersinar. Namun, kamu tidak bisa sembarangan menggabungkan kandungan skincare. 

Ada beberapa bahan jika digabungkan bisa bekerja dengan baik, tapi ada juga sebaliknya.

Mengetahui kandungan skincare apa saja yang bisa digabungkan adalah hal yang penting untuk dipelajari. So, apa saja kandungan skincare yang bisa digabungkan?


Niacinamide dan Salicylic Acid

Niacinamide termasuk dalam keluarga vitamin B3. Niacinamide berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan mengatasi hiperpigmentasi. Sementara salicylic acid termasuk dalam keluarga asam beta hiroksi yang merupakan ekfoliasi kimia. Salicylic acid bisa digunakan untuk meredakan jerawat dengan efektif.

Ketika digabungkan: kedua kandungan ini bekerja sebagai sumber makanan untuk kulit. Keduanya memiliki karakteristik dan manfaat yang sama, tetapi bekerja dengan cara yang berbeda. Dengan menggabungkan kedua kandungan ini bisa mengurangi berbagai masalah kulit.

Mengurangi pori-pori: pori-pori kulit tumbuh lebih besar karena produksi minyak yang berlebih dan kekurangan kolagen. Salicylic acid dengan mudah masuk ke dalam pori-pori kemudian mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada folikel rambut. Begitu juga dengan niacinamide yang bisa mengurangi produksi minyak sebum.


Vitamin C dan Vitamin E

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kulit wajah. Kandungan ini bisa meningkatkan lapisan kolagen kulit dan kaya antioksidan. Sementara vitamin E adalah antioksidan yang larut dalam lemak. Ketika kedua bahan ini digabungkan bisa mencegah penuaan dini.

Keduanya adalah antioksidan yang paling melengkapi. Vitamin C bisa meregenerasi dan melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan dari sinar UV, sementara vitamin E mengembalikan kekuatan vitamin C.


Retinol dan Hyaluronic Acid

Retinol terbuat dari vitamin E dan digunakan untuk meredakan jerawat dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Hyaluronic acid terkenal sebagai pelembab kulit. Kedua kandungan ini biaasanya ditemukan dalam satu produk.

Retinol bekerja sebagai pergantian sel kulit dan merangsang produksi kolagen. Hyaluronic acid sebagai produk hydrating dan membawa air ke dalam sel kulit sehingga kulit menjadi lebih kenyal. Retinol dan hyaluronic acid adalah salah satu kombinasi terbaik untuk kulit yang sehat.


Glycolic Acid dan Vitamin C

Glycolic acid dan vitamin c adalah sepasang kandungan yang bagus untuk kulit. Namun, tidak semua orang cocok dengan gabungan kedua bahan ini. Keduanya sangat cocok dalam mengatasa hiperpigmentasi kulit. Bahkan glycolic acid dikenal untuk meningkatkan kinerja vitamin c pada kulit. Selain itu, bisa untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.


Retinol dan Niacinamide

Retinol cenderung membuat kulit kering. Oleh sebab itu, selalu disarankan untuk menggunakan retinol bersama dengan produk hydrating atau niacinamide untuk mengembalikan kelembaban kulit dan memperkuat skin barrier.


Centella Asiatica dan Vitamin C

Centella asiatica adalah tanaman yang digunakan untuk pengobatan. Tanaman ini diketahui memiliki sifat penyembuh luka dan kaya antioksidan. Vitamin c juga mempunyai sifat yang sama. Keduanya adalah kombinasi yang kuat. 

Sebuah penilitian pada tahun 2008 menunjukkan bahwa kombinasi kedua bahan ini dapat meningkatkan hidrasi kulit dan membuat kulit lebih kencang.


Niacinamide dan Vitamin C

Menurut para ahli kulit, gabungan niacinamide dan vitamin c aman dan sangat efektif. Kedua kandungan mempunyai manfaat yang besar dan saling melengkapi. Tapi, tidak semua orang cocok dengan gabungan kedua kandungan ini. Pemilik kulit sensitive mungkin merasakan iritasi ringan.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Menentukan Skincare yang Cocok Sesuai Jenis Kulit
Banyak orang yang menggunakan produk skincare hanya dengan melihat dari review seseorang tanpa mengenali jenis kulit. Berikut cara menentukannya.
6 Tips Rutinitas Skincare Abel Cantika Agar Kulit Sehat
Para calon ibu tentunya harus sangat berhati-hati dalam memilih skincare atau produk yang aman digunakan. Berikut tipa ala Abel Cantika.
Manfaat Air Kelapa dalam Produk Skincare
Air kelapa menyimpan manfaat baik untuk kesehatan baik organ di dalam tubuh maupun untuk kulit termasuk menjadi bahan skincare. Berikut manfaatnya.
0
7 Kandungan Skincare yang Bagus untuk Digabungkan
Menggabungkan kandungan skincare bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh kulit bersih, sehat, dan bersinar.