Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang Wi-Fi

Sambungan internet secara nirkabel (Wi-Fi) merupakan salah satu yang umum digunakan masyarakat supaya tersambung ke jaringan internet.
Ilustrasi - Wi-Fi rumah. (Foto: Tagar/Unsplash/@extaf_ms)

Jakarta – Sambungan internet secara nirkabel (Wi-Fi) merupakan salah satu yang umum digunakan masyarakat supaya tersambung ke jaringan internet. Lantas, bagaimanakah memilih provider Wifi yang sesuai dengan keinginan anda? simak tulisan dibawah ini.

Internet merupakan salah satu hal wajib dimiliki oleh masyarakat masa kini, karena dengan internet masyarakat dapat mengakses apa saja secara digital. Bagi masyarakat masa kini sambungan internet yang stabil, kencang dan murah merupakan hal yang wajib.

Memasang Wifi dirumah menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk memenuhi keinginannya akan internet. Meskipun mempunyai kelemahan dan kelebihan tersendiri, masyarakat tetap memasang Wifi untuk membantunya agar tetap terhubung ke jaringan internet.

Wifi sendiri mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan menggunakan data seluler, kelebihan yang paling terasa adalah jumlah pengguna. Meski sama-sama bisa diandalkan Wi-Fi memiliki jaringan yang lebih stabil dibandingkan data seluler.

Selain kelebihan Wi-Fi mempunyai kelemahan yang paling terasa adalah hanya bisa digunakan pada lokasi pemasangannya. Meskipun kecepatan Wifi lebih stabil namun pengguna data seluler akan bisa merasakan kecepatan internet yang lebih cepat dibandingkan Wifi.

Dengan kelebihan kelemahan dibandingkan menggunakan data seluler, berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian pertimbangkan jika ingin memasang Wifi dirumah kalian.


1. Biaya per-Bulan

Jika bicara soal harga hal ini merupakan salah satu yang paling mempengaruhi minat konsumen terlebih untuk sebuah produk dibidang jasa. Umumnya provider Wifi telah membuat paket-paket penjualan untuk produknya supaya memudahkan konsumen memilih.

Kalian bisa membandingkan harga produk tersebut dengan provider lain atau bisa dengan pemakaian internet anda sehari-hari. Selain biaya bulanan kalian juga harus memperhatikan biaya pemasangan dan biaya lain-lain jika menggunakan provider tersebut.


2. Kecepatan Wi-Fi

Umumnya Wi-Fi dijual berdasarkan kecepatan yang ditawarkannya, semakin cepat kecepatan yang ditawarkan maka biaya langganan akan semakin mahal. Kalian bisa menyesuaikan kecepatan Wifi ini dengan kebutuhan kalian supaya lebih efektif dan tidak memakan biaya yang mahal.

Untuk penggunaan rumahan umumnya kecepatan 10-50 Mbps sudah sangat cukup untuk membantu kegiatan di rumah. Namun jika kalian memasang Wifi untuk perkantoran sebaiknya menggunakan diatas 100 Mbps supaya pekerjaan kalian tidak terganggu.


3. Batasan Kuota

Setiap penyedia layanan Wifi pasti mematok limit penggunaan data wifi yang mereka berikan yang biasanya berkisar antara 100-300Gb. Untuk penggunaan rumahan dengan 2-5 orang limit tersebut sangatlah cukup terlebih untuk pekerjaan rumah dan hiburan.

Namun, jika pengguna Wifi lebih dari itu atau digunakan untuk kegiatan yang menguras data sebaiknya mencari provider yang menawarkan kuota lebih. Jika pengguna sudah melewati batasan penggunaan kuota Wifi tetap bisa digunakan namun jaringan menjadi lemot.


4. Jangkauan Provider & Wi-Fi

Sebelum memasang Wifi sebaiknya kalian mencari apakah lokasi rumah kalian masuk kedalam cakupan internet tersebut. Jika tidak kalian tetap bisa memasang Wifi tersebut namun kalian akan dikenakan biaya tambahan yang terbilang cukup mahal.

Selain itu pastikan jangkauan Wifi tersebut karena router memiliki batasan jangkauan yang mana semakin jauh jaringannya semakin lemot. Meskipun hal ini bisa diatasi dengan memasang penguat sinyal, hal ini membutuhkan biaya yang tak sedikit terlebih jika dibutuhkan di banyak titik.


5. Pertimbangkan Paket Bundling

Setiap penyedia layanan Wi-Fi akan menawarkan paket-paket yang bisa dibilang cukup menarik kepada konsumennya. Paket tersebut umumnya menawarkan harga yang lebih murah atau terkesan nanggung sehingga membingungkan anda.

Paket yang umum terdapat dipasaran adalah bundling antara jaringan internet (Wi-Fi) dan layanan TV kabel. Selain itu terkadang juga terdapat paket promo selama setahun namun setelah itu promo tidak berlaku dan dikenakan harga normal.


6. Sesuaikan Kebutuhan

Setelah mencari beberapa informasi di atas, kalian tetap harus menyadari kebutuhan kalian dan jangan berfikir nanggung ketika memilih Wi-Fi. Karena Wi-Fi adalah sebuah sistem jaringan maka ada kemungkinan jika harapan kalian tentang kecepatan Wi-Fi mungkin tidak tercapai karena masalah tertentu.

Selain itu meskipun paket bundling sangatlah menarik, kalian tetap harus memikirkan pengeluaran uang bulanan yang kalian berikan untuk menggunakan layanan tersebut. Membeli data seluler juga menjadi pertimbangan karena tidak selamanya kalian akan terhubung dengan jaringan Wifi tersebut.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Terima Bantuan Pelanggan Indihome, Mensos Akan Dirikan Perpustakaan Free Wifi
Kementerian Sosial RI menerima bantuan dari Indihome untuk penyediaan free wifi di ruang perpustakaan NTT.
Google Rilis WifiNanScan, Aplikasi Kirim File Besar Tanpa Internet
Google merilis aplikasi baru bernama WifiNanScan yang memungkinkan pengguna Android mentransfer data dalam jumlah besar tanpa koneksi internet.
Mantan Sales WiFi Sukses Tipu Orang Kaya di Kulon Progo
Mantan sales sukses menipu puluhan orang kaya di Kulon Progo. Uang ratusan juga berhasil digondolnya.
0
Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang Wi-Fi
Sambungan internet secara nirkabel (Wi-Fi) merupakan salah satu yang umum digunakan masyarakat supaya tersambung ke jaringan internet.