UNTUK INDONESIA

Perginya Legenda Maradona, Argentina Berkabung Selama 3 Hari

Presiden Argentina Alberto Fernandez menetapkan 3 hari masa berkabung menyusul berpulangnya Maradona. Warga Naples juga mengenang Maradona.
Presiden Argentina Alberto Fernandez menetapkan 3 hari masa berkabung menyusul berpulangnya Maradona. Warga Naples juga mengenang sang legenda. (Foto: Tagar/thesun.co.uk)

Jakarta - Sepak bola dunia berduka saat sang legenda Diego Armando Maradona meninggal dunia. Presiden Argentina Alberto Fernandez menetapkan 3 hari masa berkabung menyusul berpulangnya Maradona karena serangan jantung, Kamis, 26 November 2020 dini hari WIB.

Ribuan warga memadati jalan-jalan Kota Buenos Aires menyusul kabar kepergian Maradona dalam usia 60. Tidak hanya Argentina yang berduka tetapi juga warga Kota Naples, markas klub Serie A Italia, Napoli. 

Maradona adalah legenda Argentina dan Napoli. Dirinya yang mengangkat derajat Napoli menjadi klub elite di sepak bola Italia. 

Selamat Jalan, Dewa Sepak bola

Warga di 2 kota itu pun turun ke jalan untuk mengenang sang legenda dengan segala kehebatan dan kontroversinya. Di dekat markas bekas klub Maradona, Buenos Aires, tampak sejumlah penggemar menaruh karangan bunga duka cita.

Sebagian lainnya berkerumun di San Andres, dekat rumah Maradona juga di La Plata, kota yang tak jauh dari Buenos Aires. Di kota itu, sang legenda menghabiskan waktu sebagai direktur teknis klub Gimnasia y Esgrima.

Sementara itu, sebuah banner digital yang biasanya digunakan untuk informasi transformasi publik kini dihiasi ucapan "Terima kasih, Diego."

Sementara di sebuah kawasan daerah kelas pekerja terpampang tulisan besar di tembok yang dibuat oleh fans seperti dikutip The Sun, " Selamat Jalan, Dewa Sepak bola". Yang lain menaruh bunga dan tulisan lain.

"Diego adalah yang terbaik, selamanya. Saya bertemu istri pada 1986 ketika Diego mencetak gol Tangan Tuhan," kata Jose Luis Shokiva, warga Buenos Aires berusia 53, merujuk pada gol Maradona ke gawang Inggris pada Piala Dunia 1986 di Meksiko.

"Diego adalah segalanya. Sebagai suporter Boca dan Argentina, ia adalah sosok terhebat. Apa yang terjadi menimbulkan kesedihan mendalam," ujar Shokiva yang mengenakan kaos bersematkan wajah Maradona.

Warga Naples Kenang Maradona

Ribuan warga Naples pun berkumpul di Stadion San Paolo, untuk mengenang Maradona. Warga menyalakan lilin, menaruh syal, foto-foto dan jersey untuk mengenang sang pahlawan.  

Maradona pernah membela Napoli pada 1984 hingga 1991. Dirinya menjadi pemain termahal di dunia saat dibeli Napoli dari Barcelona. Bagi warga Napoli, Maradona tak ubahnya dewa yang dipuja.

"Dia adalah adalah simbol, pahlawan kami," kata seorang anak muda bernama Diego Armando sambil menunjukkan identitas dirinya. Menurut dia, ayahnya memang pemuja Maradona sehingga menamakan dia seperti nama sang legenda.

Maradona kesohor di dunia sebagai salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa. Dia sampai mendapat sebutan El Dios atau Tuhan oleh pengemarnya yang kebetulan bisa dipelesetkan dari El Diez atau 10, nomor punggung yang dikenakannya.

Baca juga: 

Diego Maradona Dilaporkan Meninggal Dunia dalam Usia 60 Tahun

Diego Maradona Tiba di Rumah Sakit untuk Jalani Operasi Otak

Atas kepergian Maradona, Presiden Argentina Alberto Fernandez mengumumkan masa berkabung selama 3 hari di seluruh negeri.

Sedangkan anak sekolah di Naples diliburkan sebagai penghormatan Maradona. Presiden klub Napoli Aurelio De Laurentiis mempertimbangkan mengubah nama Stadion San Paolo menjadi Stadion Maradona. []

Berita terkait
Profil Maradona, Legenda Pemain Bola Terhebat Sepanjang Masa
Diego Armando Maradona Franco tersebut dikenal luar sebagai salah satu pemain sepakbola terhebat sepanjang masa.
Begini Permintaan Terakhir Maradona Sebelum Meninggal Dunia
Legenda sepak bola dunia, Diego Maradona meninggal dunia. Ia dikabarkan mengalami serangan jantung, begini permintaan terakhir Diego.
Kronologi Diego Maradona Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung
Legenda sepak bola Diego Maradona meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung pada Rabu sore, 25 November 2020 waktu setempat.
0
Perginya Legenda Maradona, Argentina Berkabung Selama 3 Hari
Presiden Argentina Alberto Fernandez menetapkan 3 hari masa berkabung menyusul berpulangnya Maradona. Warga Naples juga mengenang Maradona.