UNTUK INDONESIA
Performa PSM Labil, Kinerja Pelatih Dipertanyakan
Performa PSM Makassar yang memburuk menjadikan kinerja pelatih Darije Kalezic dipertanyakan suporter.
Suporter PSM Makassar prihatin dengan performa tim yang labil. Mereka juga mempertanyakan kinerja pelatih Darije Kalezic. Meski demikian, suporter berharap Kalezic membawa tim memenangi sisa laga di kompetisi Shopee Liga 1 2019. (Foto: ANTARA/Abriawan Abhe)

Makassar - Performa PSM Makassar labil atau boleh dikatakan memburuk sehingga tim tertahan di papan tengah klasemen Shopee Liga 1 2019. Suporter pun mempertanyakan kinerja pelatih Darije Kalezic. Mereka juga menuntut PSM memenangi sisa laga untuk memperbaiki posisi. 

Performa tim yang labil membuat PSM tak pernah menyentuh papan atas. Bahkan dari lima laga terakhir, PSM tiga kali menelan kekalahan. Sedangkan dua pertandingan yang dimenangkan pun diraih dengan susah payah. 

PSM hanya mampu menang 1-0 atas Madura United. Selanjutnya, mereka juga menang dengan skor ketat 2-1 saat menjamu tim promosi Kalteng Putra. 

Jawaban dari manajemen hanya tunggu saja. Mereka yang akan selesaikan. Sementara untuk bertemu dengan Darije, tidak pernah ada respon

Di klasemen sementara, PSM yang sudah melakoni laga ke-26 baru menduduki peringkat sembilan dengan poin 36. Pencapaian yang mengecewakan mengingat musim lalu PSM mampu menjadi runner up liga. 

Mereka juga mampu menembus semifinal Piala AFC zona Asia Tenggara. Musim ini, Pasukan Ramang melengkapi sukses dengan menjadi juara Piala Indonesia

Hanya mereka gagal di kompetisi. Hal tersebut membuat kelompok suporter PSM prihatin karena tim mengalami keterpurukan. Bahkan sejumlah suporter menyuarakan agar kinerja pelatih Darije Kalezic dievaluasi.

Ketua Red Gank, salah satu kelompok suporter PSM, Zul Daeng Kulle menilai performa tim terlihat mengecewakan selama beberapa pertandingan terakhir. Menurutnya suporter sudah pernah mencoba untuk bersuara ke manajemen terkait tim, tapi hasilnya juga tidak memuaskan.

"Kami pernah menghadap ke manajemen. Jawaban dari manajemen hanya tunggu saja. Mereka yang akan selesaikan. Sementara untuk bertemu dengan Darije, tidak pernah ada respon," kata Zul Daeng Kulle, Minggu 17 November 2019.

Menurut Zul, suporter memiliki keinginan agar PSM memenangkan laga sisa kompetisi. Hanya dengan itu posisi PSM di klasemen bisa terdongkrak. Bila gagal memenuhi target, suporter akan meminta pertanggungjawaban langsung dari Kalezic sebagai pelatih kepala.

"Yang jelas kami ingin pertanggungjawaban dan ucapan dari Darije sebagai pelatih tanpa diwakili," ujar Zul yang sesungguhnya sempat menaruh harapan besar kepada Kalezic saat menggantikan pelatih Robert Rene Alberts. Suporter berharap Kalezic mampu membawa tim berprestasi lebih tinggi dibandingkan pelatih sebelumnya.

Hal senada disampaikan Panglima Laskar Ayam Jantan (LAJ) Nugraha Uki atau yang akrab disapa Daeng Uki. Menurut dia suporter sudah sering meminta kepada manajemen agar dilakukan evaluasi terhadap Kalezic, tapi tidak ada juga respon.

"Kami inginkan evaluasi untuk PSM yang lebih baik. Evaluasi juga bukan untuk mengganti Darije sebagai pelatih kepala," ujarnya.

Hanya, Uki mengatakan bila posisi suporter itu serba salah. Saat melakukan kritikan terhadap manajemen, mereka dianggap sok pintar. Namun jika tidak memberi respon, suporter dianggap tidak peduli dengan tim.

PSM, saat ini, mengemas 36 poin dan bertengger di posisi sembilan klasemen sementara Shopee Liga 1. Senin, 18 November 2019, mereka mendapat uian dari lawan kuat, Persipura Jayapura

Performa Persipura yang kian menanjak jelas menjadi peringatan bagi PSM. Persipura berambisi mendekatkna jarak poin dengan Bali United yang merupakan pimpinan klasemen. []

Berita terkait
PSM Gagal Menang di Laga Tandang Lawan Persebaya
PSM Makassar belum bisa mengakhiri paceklik kemenangan dalam laga away setelah dikalahkan tuan rumah Persebaya Surabaya di Shopee Liga 1 2019.
Jadwal Padat PSM Akibatkan Banyak Pemain Cedera
Pemain PSM Makassar terpaksa absen melawan Persebaya Surabaya karena cedera. Mereka alami cedera karena jalani laga dengan jadwal padat.
PSM Kalah Karena Pemain Lakukan Banyak Pelanggaran
PSM Makassar mengalami kekalahan 1-3 dari Kalteng Putra karena pemain melakukan banyak pelanggaran yang tidak perlu.
0
MPU Aceh Fatwa Haram Beri Salam untuk Non-Muslim
Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh mengeluarkan fatwa tentang salam, doa dan penggunaan simbol lintas agama.