UNTUK INDONESIA
Perdamaian adalah Syarat Mutlak untuk Pembangunan
Syafiq Mughni mengatakan perdamaian adalah syarat mutlak pembangunan yang berkelanjutan.
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj bersama tokoh lintas agama lainnya membicarakan tentang Papua. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Jakarta - Utusan Khusus Presiden untuk Dialog Kerja Sama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Syafiq Mughni menuturkan perdamaian adalah syarat mutlak pembangunan yang berkelanjutan.

Oleh sebab itu, membangun budaya damai menjadi sangat penting agar bangsa Indonesia mempunyai ketahanan untuk menghadapi segala ancaman baik dari dalam maupun dari luar.

"Perdamaian dibutuhkan di mana dan kapan saja, dan karena itulah harus menjaga perdamaian yang berkelanjutan bukan yang berjangka pendek,” kata Syafiq Mughni, Selasa, 10 September 2019, dilansir dari Antara.

Perdamaian dibutuhkan di mana dan kapan saja

Budaya damai bisa dibangun dari cara bertutur kata, berperilaku setiap individunya.

Dia mengatakan, budaya damai adalah pendekatan berkelanjutan atas permasalahan, konflik serta ketegangan yang terjadi di Indonesia.

"Budaya ini harus dibangun pelan-pelan agar kita menjadi bangsa yang tegar dan mampu menyelesaikan masalahnya sendiri," kata dia.

Dia mengatakan sumber ketegangan itu bisa datang dari mana saja, tetapi ketegangan itu kerap kali dibumbui agama, sehingga sering menjadi konflik agama.

Oleh sebab itu, menjadi tugas dari para tokoh agama untuk menyumbangkan dirinya untuk mengatasi konflik yang terjadi dan membangun budaya damai yang berkelanjutan sehingga menjadi kontribusi yang positif bagi negara dan bangsa. []

Berita terkait
Yenny Wahid Siap Bantu Pemerintah Atasi Konflik Papua
Putri Mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid menyatakan kesiapannya membantu pemerintah untuk mendamaikan situasi di Papua.
Begini Cara Atasi Konflik Papua Menurut Amien Rais
Menurut Amin Rais, Konflik Papua harus ditangani dengan pendekatan hati dan kemanusiaan. Yakni duduk bersama para tokoh dan perusuh.
Konflik Papua Karena Komunikasi Tidak Jalan
Mantan Wali kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengatakan, konflik Papua karena komunikasi tidak tersampaikan dengan baik.
0
Warga Sampang Protes Perusahaan Beton Cor Tak Berizin
Masyarakat Kabupaten Sampang diresahkan dengan aktivitas perusahaan batching plant atau pengolah beton cor.