UNTUK INDONESIA
Penyebab Sabun Muka Bikin Semakin Berjerawat
Pemakaian sabun muka yang terlalu sering bisa merusak skin barrier sehingga membuat wajah semakin berjerawat. Berikut penjelasan dr. Valentino.
Ilustrasi Jerawat. (Foto: thebodyshop.co.id)

Jakarta - Dokter sekaligus influencer Valentino mengatakan pemakaian sabun muka yang terlalu sering atau berlebihan bisa merusak skin barrier sehingga membuat kulit wajah semakin berjerawat. Skin barrier ini berfungsi menjaga kelembapan alami dan melindungi lapisan kulit dari bakteri, polusi, dan mencegah dehidrasi pada kulit.

"Sekali lagi sabun muka tidak akan menyembuhkan jerawatmu dengan cepat. Tapi, justru akan merusak dan memperburuk jerawat dengan sangat cepat. Bahkan langsung setelah kamu pakai kalau memang sabun muka yang kamu pakai ini tidak cocok dengan jenis kulit kamu," kata dr. Valentino melalui channel YouTube resminya dr Valentino, seperti dikutip Tagar, Rabu, 26 Agustus 2020. 

Dokter Valentino menuturkan sabun muka yang mengandung bahan scrub bisa membuat wajah semakin berjerawat. Scrub ini memang bagus untuk mengangkat atau membuang sel kulit mati. Tapi dalam konteks jerawat, scrub tidak sama sekali menolong Anda mengatasi jerawat.

"Butiran scrub ini akan menggesek jerawat yang ada, sehingga akan membuat kulit wajah semakin berjerawat di tempat yang sama dan juga di tempat yang lainnya," ucap dia. 

Ingat ya, jangan menggunakan sabun muka terlalu sering atau berlebihan juga karena akan merusak skin barrier kamu yang justru akan membuat kulit wajahmu semakin berjerawat.

Dia menyarankan hindari pemakaian sabun muka yang memiliki bahan scrub karena itu bukan solusi menghilangkan jerawat. "Walaupun label yang biasanya tertera di sabun mukamu itu tertulis anti acne, tapi kalau ada scrub-nya, saya tidak menyarankan untuk digunakan," ujarnya. 

Alasan lain yang membuat sabun muka membuat kulit Anda semakin berjerawat karena sabun tersebut mengandung bahan peeling. "Kalau kamu ada melihat bahan peeling seperti citric acid, salicylic acid, glycolic acid, lactic acid, mandelic acid, dan sebagainya, mulai sekarang pertimbangkan untuk tidak menggunakannya lagi," tutur dr. Valentino.

Menurut dia, bahan peeling ini tidak cocok ada di dalam sabun muka. Ini karena penggunaan sabun muka lebih sering dipakai dari pada skincare lainnya, sehingga jika dipakai terlalu sering akan membuat kondisi wajah semakin berjerawat. 

"Lebih baik bahan peeling itu digunakan untuk campuran cream malam atau saat tindakan chemical peeling secara terpisah," kata dr. Valentino. 

Dokter Valentino menyampaikan sabun muka yang tidak mengandung oily control juga bisa menjadi penyebab wajah Anda semakin berjerawat. Jika tidak ada kandungan oily control, sebum atau minyak di wajah akan menumpuk sehingga menyebabkan timbulnya komedo. 

 "Kalau komedo ini tidak segera diambil akan menutup pori-pori wajahmu, sehingga lama kelamaan menumpuk, jadilah jerawat. Cukup melihat penyebab ini saja, kita harusnya sudah bisa menentukan sabun muka apa yang cocok untuk menghambat atau menghentikan produksi sebum atau minyak, yaitu dengan menggunakan sabun muka oily control," katanya. 

Dia mengingatkan pakailah sabun muka secara rutin dan tidak berlebihan agar jerawat tidak semakin meradang. Kebiasaan inilah yang sering diabaikan kebanyakan orang sehingga jerawat di wajah semakin bertambah banyak. 

"Pakailah sabun mukamu minimal 2 sampai 3 kali sehari atau lebih jika berkeringat. Tapi ingat ya, jangan menggunakan sabun muka terlalu sering atau berlebihan juga karena akan merusak skin barrier kamu yang justru akan membuat kulit wajahmu semakin berjerawat," ucap dr. Valentino. []

Baca juga:

Berita terkait
Manfaat Air Garam untuk Mengatasi Jerawat
Air garam ternyata menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang mengganggu. Berikut penjelasannya.
Daftar Makanan yang Bisa Menyebabkan Jerawat
Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang. Berikut makanan penyebab jerawat yang harus dihindari.
Tips Mudah Menghilangkan Flek Hitam Akibat Jerawat
Jerawat memang kerap dialami dan dikeluhkan banyak orang. Apalagi kalau ada flek hitam akibat jerawat bisa mengganggu rasa percaya diri seseorang.
0
Gus Menteri Ajak Santri Perkokoh Tradisi Pesantren
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar meminta seluruh santri memegang kokoh tradisi pesantren. Sebab, ini adalah budaya yang hanya ada di Indonesia.