UNTUK INDONESIA
Manfaat Air Garam untuk Mengatasi Jerawat
Air garam ternyata menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang mengganggu. Berikut penjelasannya.
Ilustrasi Garam. (Foto: Pixabay.com/onefox)

Jakarta - Kulit berjerawat menjadi masalah kecantikan yang kerap dialami oleh setiap orang dan kehadirannya tentu mengganggu. Tak sedikit bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu di antaranya dengan air garam.

Dokter Richard Yehezkiel mengatakan manfaat air garam tidak secara langsung menghilangkan jerawat melainkan mencegah dan mengatasi masalah satu ini dengan beberapa cara seperti eksofilasi. "Eksfoliasi bertujuan untuk melepas sel kulit mati. Kalau sel kulit matinya lepas maka tidak akan menyumbat pori-pori, dan mencegah terjadinya infeksi," katanya melalui channel YouTube DokterKita, seperti dikutip Tagar, 18 Agustus 2020.

Kedua, air garam mampu mencegah pertumbuhan bakteri dengan cara menyerap kandungan air yang ada di dalamnya. "Jadi, bakteri akan menjadi dehidrasi. Karena dehidrasi, maka sel bakteri akan mati. Karena bakterinya mati, tidak akan terjadi infeksi," ucap dr Richard.

Selain itu terdapat fungsi lain dari air garam, seperti menyerap racun, mengatur kadar air, dan melembutkan tekstur kulit.

Namun, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara jerawat tersebut terbentuk. Jerawat terbentuk karena pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Pori-pori yang tersumbat jadi tempat yang disukai oleh bakteri untuk tumbuh, sehingga ada risiko terjadi peningkatan infeksi yang dapat mengakibatkan peradangan sehingga timbul jerawat. "Selain itu, juga ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya jerawat, seperti faktor genetik, faktor stres, faktor makanan, dan faktor hormonal," ujar dr Richard.

Selain itu, kurangnya waktu tidur ternyata juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. "Jadi, jangan lupa untuk cukup tidur," tutur dr Richard. []

Baca Juga:

Manfaat Chemical Peeling untuk Perawatan Kulit Wajah

5 Tips Menghilangkan Kulit Belang di Wajah

Berita terkait
Cara Penggunaan Parfum Agar Tetap Wangi Seharian
Sebagian orang masih salah dalam menggunaka parfum, sehingga wanginya menjadi cepat hilang. Berikut tips agar aroma parfum bisa tahan lama.
Cara Mudah Menghilangkan Kerutan di Kulit Wajah
Kerutan di wajah menjadi salah satu masalah kecantikan yang sering dialami banyak orang khususnya kaum hawa. Berikut cara mengatasinya.
Lima Bahan Alami Mencerahkan Siku Lengan dan Lutut
Ditinjau dari manfaatnya, terdapat sejumlah bahan alami yang bisa mengatasi siku lengan dan lutut bewarna gelap.
0
Taiwan Beli Alutsista AS Saat Ketegangan AS dan China
Di tengah-tengah ketegangan hubungan China dan AS, Taiwan membeli alutsista AS senilai 1 miliar dolar AS