UNTUK INDONESIA
Penyakit HIV/AIDS Meningkat Tajam di Kabupaten Pessel
Peningkatan jumlah kasus penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terjadi sejak tiga tahun terakhir.
Data peningkatan jumlah kasus penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). (Foto: Tagar/ Teddy Setiawan)

Pessel - Kepala Bidang P2B Dinas Kesehatan, Kariadi mengungkapkan tingginya peningkatan jumlah kasus penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat (Sumbar), akibat maraknya perilaku Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.

Menurutnya, peningkatan jumlah kasus di Pessel, telah terjadi sejak tiga tahun terakhir.

"Ya, memang ada peningkatan sejak 2016," kata Kariadi didampingi Kasi P2M, Rosmali kepada Tagar di Painan, Kamis 5 September 2019.

Merujuk data Dinas Kesehatan Pessel, angka penderita HIV/AIDS pada 2016 tercatat hanya sebanyak 16 orang. Sementara di 2019, angka melonjak tajam hingga berjumlah 33 orang.

Penyebarannya rentan melalui air ludah, air mani dan darah.

Dari total angka tersebut, 57 persen merupakan pasien berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan 43 persen lainnya adalah perempuan. 

Selain LGBT, kata Kariadi, faktor penyebabnya adalah penyebaran teknologi informasi yang sudah tak terbendung, pergaulan bebas serta gonta-ganti jarum suntik.

"Jadi, penyebarannya rentan melalui air ludah, air mani dan darah," katanya.

Baca juga: Papua Peringkat Pertama Jumlah Kasus AIDS di Indonesia

Kariadi mengatakan, Pemerintah Daerah telah mendata kaum ibu di tiap Puskesmas sebagai langkah antisipasi. Mereka diperiksa apakah terjangkit penyakit menular seksual seperti hepatitis, HIV/AIDS atau spilis.

KariadiKabid P2B, Kariadi didampingi Kasi P2M Dinkes Pessel, Rosmali. (Tagar/Teddy Setiawan)

Jika yang terinfeksi sipilis, penderita bakal mendapatkan penanganan awal dengan memberikan obat tetes pada matanya. Sementara untuk pengidap hepatitis akan diberikan vaksin abig. Terhadap penderita HIV/AIDS, mereka bakal langsung dirujuk ke rumah sakit provinsi.

"Karena Rumah Sakit Umum Daerah (RSUS) belum memiliki perawarannya," ujar Kariadi. []

Berita terkait
AIDS Mengintai di Ibu Kota Baru
Data Kemensos menunjukkan lokalisasi pelacuran terbanyak di Indonesia ada di wilayah Kaltim, termasuk di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara
Setiap Ibu Hamil Wajib Tes HIV/AIDS
Setiap ibu hamil wajib tes HIV/AIDS. Upaya itu mengantisipasi bayi tertular virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut.
Komunitas Gay Penyumbang HIV AIDS di Aceh
Komunitas gay atau homoseksual berkembang pesat di Provinsi Aceh, dinilai sebagai faktor penyumbang penyakit menular seksual HIV AIDS.
0
Mahfud MD Penuhi Panggilan Presiden Jokowi ke Istana
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD datang ke Istana Negara mengenakan kemeja putih 09.34, Senin, 21 Oktober 2019.