Penumpang Kapal Pesiar Celebrity Millennium Positif Covid-19

Operator kapal pesiar Royal Caribbean, katakan bahwa dua penumpang kapal Celebrity Millennium positif Covid-19 seusai pelayaran
Armanda kapal pesiar Royal Caribbean, Celebrity Millennium (Foto: mynews13.com - Facebook.com/CelebrityCruises)

Jakarta – Operator kapal pesiar Royal Caribbean, 10 Juni 2021, mengatakan bahwa dua penumpang kapal pesiar Celebrity Millennium diketahui positif setelah menjalani tes wajib Covid-19 seusai pelayaran.

Royal Caribbean mengatakan kedua penumpang yang berada di kamar yang sama itu asimtomatik, kini berada dalam isolasi dan dipantau oleh tim medis.

Kasus positif Covid-19 sudah terdeteksi di beberapa kapal pesiar sejak pandemi virus corona melanda dunia. Yang pertama terdeteksi di kapal pesiar, Diamond Princess, yang kemudian berlabuh di Pelabuhan Yokohama, Jepang, pada Februari 2020. Sedikitnya 64 penumpang terdeteksi positif Covid-19. Di kapal itu ada 78 WNI sebagai ABK (anak buah kapal) yang kemudian di karantina di Indonesia. Setelah itu kasus Covid-19 terdeteksi lagi di beberapa kapal pesiar.

diamond princess di yokohamaKapal pesiar Diamond Princess terlihat melalui pagar di Terminal Kapal Pesiar Dermaga Daikoku di Yokohama, Jepang, 11 Februari 2020 (Foto: japantimes.co.jp/REUTERS)

“Kami melakukan pelacakan kontak, mempercepat tes bagi semua kontak dekat dan memantau situasi dengan cermat,” kata Royal Caribbean dalam suatu pernyataan.

Menurut operator kapal pesiar itu, “protokol komprehensif” yang dijalankan Celebrity Millennium telah melampaui “pedoman CDC (Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS) untuk melindungi kesehatan dan keselamatan tamu-tamu.”

Celebrity Millennium mulai berlayar hari Sabtu, 5 Juni 2021, lalu dari St. Maarten dan telah singgah di beberapa perhentian di Karibia.

Royal Caribbean menyatakan awaknya telah divaksinasi penuh. Para penumpang diwajibkan untuk menunjukkan bukti vaksinasi dan hasil tes negatif dalam 72 jam sebelum keberangkatan. Anak-anak yang terlalu muda untuk divaksinasi juga diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 [(uh/ab)/voaindonesia.com, mynews13.com dan sumber-sumber lain]. []

Berita terkait
Upaya Industri Wisata Kapal Pesiar Bangkit dari Krisis
Wisata kapal pesiar berusaha bangkit dari krisis karena terpaaan pandemi virus corona global, upaya yang dilakukan dengan vaksinasi
0
Biden Bersihkan Citra AS sebagai Penimbun Vaksin di KTT G-7
Biden kemukakan, “Amerika Serikat akan membeli setengah miliar dosis Covid-19 buatan Pfizer untuk didonasikan kepada hampir 100 negara