Pentingnya Psikologi Marketing dalam Membangun Bisnis

Psikologi marketing adalah ilmu marketing yang mempelajari psikologi pelanggan saat membeli suatu produk.
Psikologi pemasaran (Foto: Tagar/Freepik/Rawpikselcom)

Jakarta - Setiap orang yang memiliki suatu usaha atau bisnis baik kecil atau besar, pasti menginginkan produknya laris terjual. Untuk menarik minat konsumen, produk yang dipasarkan harus memiliki strategi marketing. Selain itu, anda juga dapat menerapkan psikologi marketing

Psikologi marketing adalah ilmu marketing yang mempelajari psikologi pelanggan saat membeli suatu produk. Mulai dari motif emosi hingga kecenderungan psikologis yang jadi dasar keputusannya.

Psikologi marketing membuat strategi memasarkan produk dengan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Bisa dari harga, kemudahan, value dan hal lain yang terkait dengan emosi konsumen.

Berikut Cara Menerapkan Psikologi Marketing Pada Bisnis


1. Tambahkan Angka 9 di Belakang Harga Produk

Strategi penambahan angka 9 diakhir harga pasti sudah umum dilakukan. Teknik ini disebut dengan charm price. Trik ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk, mulai dari fisik hingga produk digital.


2. Buat Iklan Yang Relevan Kondisi Konsumen

Saat seseorang mencari suatu barang secara online akan lebih tertarik pada informasi yang menurutnya bernilai. Jadi iklan yang ditampilkan harus relevan dengan kebutuhan calon pembeli. Banyak sekali pemasar yang sembarangan menempatkan iklan mereka. Pilihlah situs yang sesuai dengan apa isi iklan anda


3. Munculkan Emosional Calon Pembeli

Emosi adalah faktor penting yang mempengaruhi keputusan seseorang, ini berlaku juga pada keinginan membeli produk. Tidak perlu menjelaskan kelebihan atau kekurangan produk anda, anda hanya memberitahu kepada pelanggan apa yang bisa mereka dapatkan dengan menggunakan produk tersebut.


4. Beri Kesan Ekslusif

Teknik psikologi marketing yang umum digunakan adalah memberikan kesan eksklusif pada produk. Caranya dengan memberikan arti khusus bahwa produk tersebut merupakan produk spesial. 

Hal ini akan meberikan kesan bahwa anda harus segera membelinya. Teknik ini disebut juga dengan istilah Fear Of Missing Out atau dikenal dengan dengan sebutan FOMO.


5. Berikan Kejutan Bonus Gratis

Mengiklankan bahwa konsumen akan mendapatkan bonus hadiah jika membeli suatu produk memang terbukti sangat efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan yang masuk. 

Anda bisa menyertakan bonus hadiah dalam kemasan paket untuk konsumen. Pemberian hadiah kejutan menyembunyikan fakta bahwa konsumen akan mendapatkan bonus hadiah untuk produk apa yang mereka beli.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
UMKM Jakarta Naik, Anies: Alhamdulillah Lebih dari Target
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa program Jakpreneur berhasil lampaui pertumbuhan target sebab UMKM Jakarta terus naik.
Jakpreneur Fest 2021, Taten: Solusi UMKM di Tengah Pandemi
Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI Teten Masduki mengatakan bahwa Jakarta Festival Jakpreneur Fest 2021 merupakan solusi bagi UMKM.
Mau Cuan di Usia Muda, Begini Cara Memilih Investasi Emas
Investasi emas fisik dan emas digital digemari masyarakat kalangan muda yang berkeinginan menjamin masa depannya
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.