Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Generasi Muda

Jadi, untuk Anda generasi muda yang baru pertama kali mendapatkan penghasilan, gunakan saja untuk asuransi kesehatan.
Generasi Muda Harus Secepatnya Ambil Asuransi (Foto: Tagar/Zoom/Lolita Setyawati)

Jakarta – Webinar dengan tajuk “Cermat Berasuransi Agar Tidak Merugi dan Cari Cuan Sambil Rebahan” diselenggarakan oleh Tagar.id. Acara ini disiarkan Zoom meeting dan streaming Tagar.id yang berlangsung Sabtu 20 November 2021 pukul 09.00 Wib.

Dalam kesempatan webinar kali ini, Lolita Setyawati selaku Finansial Educator memaparkan pentingnya ambil asuransi kesehatan untuk generasi muda yang baru mendapatkan penghasilan.

“Untuk anda yang baru pertama kali mendapatkan penghasilan dari pekerjaan, anda disarankan harus belajar bagaimana manajemen keuangan lebih dulu. Mengatur keuangan adalah hal paling dasar agar penggunaan uang lebih baik,” ucap Lolita Setyawati.

Ia melanjutkan, Jika anda ingin menggunakan penghasilan pertama untuk asuransi, maksimal premi yang harus dibayar setiap tahun sebanyak 10 persen dari total penghasilan. Misalkan penghasilan dalam satu tahun anda 100 juta, artinya maksimal premi yang bayarkan hanya 10 persen tidak boleh lebih dari itu.

Jika masih binggung kapan waktu yang tepat untuk menggunakan asuransi, Anda harus secepatnya selagi tubuh masih sehat dan mulai mendaftarkan diri pada asuransi. Mengapa harus secepatnya menggunakan asuransi untuk kesehatan? Karena biasanya anda diharuskan mengisi kuesioner terlebih dulu dan melakukan medical cek up. jika terdeteksi ada penyakit premi asuransi bisa lebih tinggi, oleh sebab itu selagi usia masih mudah dan sehat disarankan segera ambil asuransi.

Namun bagaimana kalau sudah terdaftar di asuransi milik pemerintah seperti BPJS, apakah bisa menggunakan asuransi kesehatan lain? Walaupun BPJS sudah menanggung semua biaya kesehatan, sebaiknya ambil asuransi swasta juga kalau masih ada sisa uang dari 10 persen penghasilan Anda.

“Tujuan dari mengambil asuransi swasta ini untuk saling membantu asuransi kesehatan BPJS dan anda dapat memilih asuransi mana yang ada koordinasi benefit. Jadi anda dapat menikmati klaim asuransi kesehatan swasta untuk menambahkan fasilitas BPJS yang tidak bisa anda pakai tadi," tutup Lolita Setyawati.

Jadi, untuk Anda generasi muda yang baru pertama kali mendapatkan penghasilan, gunakan saja untuk asuransi kesehatan. Ada banyak manfaat yang dapat dinikmati anda yang memiliki asuransi kesehatan. Jangan lupa untuk selalu membayar iuran asuransi kesehatan ya.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Angga Andinata: Pahami 6 Fakta Ini Sebelum Beli Polis Asuransi
Asuransi merupakan sebuah perjanjian yang dilakukan antar dua pihak yang mana salah satu pihak wajib membayar premi kepada pihak lain. Pahami ini!
Bingung Ingin Pilih Mana? Inilah Ragam Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan merupakan sebuah produk finansial berbentuk perlindungan atau proteksi kesehatan, bagi pemegang polis atau peserta asuransi.
5 Tips Saat Ingin Gunakan Asuransi Pensiun
Mari simak, 5 hal yang harus Anda pikirkan saat ingin menggunakan asuransi pensiun pada saat tua nanti.
0
Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Generasi Muda
Jadi, untuk Anda generasi muda yang baru pertama kali mendapatkan penghasilan, gunakan saja untuk asuransi kesehatan.