UNTUK INDONESIA
Pengguna Sepeda Motor Listrik Dapat Insentif
Tak hanya mobil listrik, insentif juga diberikan untuk sepeda motor listrik.
Anggota Polisi Satlantas Wilayah Jakarta Utara menggelar Operasi Patuh Jaya 2019 di Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta Utara, Kamis (29/8/2019). (Foto: Antara/Sigid Kurniawan/wsj.

Jakarta - Dukungan pemerintah terhadap era kendaraan berbasis listrik semakin terlihat nyata. Beragam insentif yang dapat mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik diberikan sebagai bentuk komitmennya.

Tak hanya mobil listrik, insentif juga diberikan untuk sepeda motor listrik. Dukungan terhadap kemajuan sepeda motor listrik juga diungkapkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi.

Selain angkutan massal, kami juga dorong sepeda motor listrik

"Selain angkutan massal, kami juga dorong sepeda motor listrik," kata Budi di Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2019.

Budi menuturkan ulasan dari beberapa media menyebutkan bahwa saat ini sepeda motor menjadi penyumbang polusi udara terbesar di Jakarta. Oleh karena itu, untuk menekan polusi udara, sepeda motor listrik akan diberikan banyak insentif menarik.

Pemberian insentif oleh pemerintah ini dapat berupa kebijakan fiskal dan non-fiskal. Non-fiskal sendiri akan diberikan oleh pemerintah daerah, seperti gubernur misalnya.

Adapun kebijakan non-fiskal tersebut bisa berupa penyediaan jalan khusus dan kebijakan tarif parkir kendaraan. Sedangkan kebijakan fiskal bisa berasal dari kebijakan pajak yang bisa menurunkan harga produk itu sendiri.

Senada dengan Budi, Direktur Sarana Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Sigit Irfansyah, juga mendukung pertumbuhan sepeda motor listrik. 

Menurutnya, pemberian insentif kepada pemilik dan pengendara bisa beragam bentuknya, tak hanya berbentuk materi.

"Biasanya di pusat perbelanjaan ada parkir khusus untuk wanita, bisa juga ada parkir khusus mobil dan sepeda motor listrik. Jadi, walaupun bayar, mereka dapat tempat khusus yang strategis," kata Sigit.

Sigit mengatakan saat ini sepeda motor listrik yang sudah lulus uji tipe adalah Viar Q1, Honda PCX Hybrid, Gesits, dan Selis. []

Berita terkait
Gojek dan Grab Jajal Sepeda Motor Listrik
Tranportasi ojek online Gojek dan Grab akan menjajal sepeda motor listrik atas kerja sama Kementerian Perindustrian.
Motor Listrik Indonesia Gesits Dilirik Produsen Otomotif Dunia
Taiwan, Jepang, China datang ke Indonesia demi informasi motor listrik karya anak bangsa, Gesits.
Harley Davidson Bikin Sepeda Motor Listrik, Direncanakan Bisa Disewa
Harley Davidson bakal berkerjasama dengan perusahaan penyewa sepeda motor listrik.
0
China- Malaysia Kembangkan Bus Listrik untuk ASEAN
Dua produsen mobil China dan Malaysia berkolabarasi dalam memproduksi bus listrik yang ramah lingkungan (energy bus)