Pengguna Laptop Wajib Tahu! Begini Cara Merawat Touchpad-nya

Touchpad merupakan salah satu bagian laptop yang berperan khusus untuk menggerakan kursor dan menjadi pusat kendali sistem. Simak ulasannya.
Ilustrasi – Touchpad laptop. (Foto: Tagar/Pexels/Karolina Grabowska)

Jakarta – Touchpad merupakan salah satu bagian laptop yang berperan khusus untuk menggerakan kursor dan menjadi pusat kendali sistem. Tanpa peranti ini, Anda mungkin akan kesulitan menjalankan laptopmu. Terlebih, jika Anda tidak mempunyai atau memakai mouse.

Meski memiliki cara kerja yang sama dengan mouse, touchpad umumnya akan lebih sering digunakan karena sudah tertanam di badan laptop itu sendiri. Apalagi jika Anda sedang mengerjakan tugas-tugas di luar rumah yang tidak memungkinkanmu untuk membawa mouse kabel atau portable.

Atas kehadirannya yang penting inilah, Anda harus selalu memeriksa dan menjaga touchpad agar tidak mudah rusak. Merupakan area sensor sensitif yang rentan terjadi malfungsi, berikut 4 cara merawat touchpad laptop agar tetap awet.


1. Jauhkan laptop dari minuman dan makanan

Laptop merupakan barang elektronik, maka dari itu pastikan untuk menjauhkan perangkat ini dari makanan dan minuman Anda. Selain dikhawatirkan dapat tumpah dan merusak sistem komponen di dalamnya, sensitivitas touchpad dapat menurun jika makanan dan minuman Anda terciprat ke atasnya.


2. Cuci tangan

Jagalah kebersihan tangan Anda sebelum menyentuh touchpad. Hal ini dikarenakan tangan yang kotor dan berminyak bisa membuat tingkat sensitivitas pada sensor touchpad mu terus terkikis.

Selain itu, tangan yang kotor juga dapat menghantarkan jamur, bakteri dan serangga kecil di touchpad dan laptop Anda yang tentu akan berpotensi tinggi merusak komponen-komponen lain yang ada.


3. Nonaktifkan touchpad jika tidak digunakan

Tidak sedikit orang yang lebih memilih menggunakan mouse ketimbang touchpad, terlebih jika mereka sedang berada di dalam rumah atau di kantor. Selain lebih mudah digunakan, mouse juga memiliki jangkauan yang lebih luas dibanding touchpad.

Jika Anda merupakan tipe orang yang jarang menggunakan touchpad, pastikan untuk menonaktifkan kerja peranti tersebut agar berumur panjang dan tahan lama. Anda dapat menekan tombol-tombol tertentu di laptop atau mengubahnya lewat windows setting dan pengaturan lain sesuai dengan jenis laptop yang dimiliki.


4. Jangan menekannya

Setelah memakainnya dalam waktu lama, pastikan untuk membersihkan touchpad laptop agar debu kecil yang menempel dan menumpuk dapat segera tersingkirkan. 

Bersihkan dengan baik menggunakan bahan pembersih yang tidak merusak karet dan plastik di laptop Anda, seperti dengan sedikit alkohol atau larutan pembersih kaca.

Perlu diingat, touchpad merupakan bagian yang sensitif. Oleh karena itu, usap atau gosoklah perlahan dengan menggunakan kain bebas serat agar touchpad tidak cepat rusak.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
3 Cara Mudah Merekam Layar di Laptop
Didorong oleh perkembangan digital, perusahaan-perusahaan teknologi kini terus mencetak terobosan baru dengan mengeluarkan beragam jenis.
Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang
Tidak perlu panik, karena masalah ini bisa diatasi sendiri.
Cara Bersihkan Laptop di Tengah Wabah Coronavirus
Laptop menjadi perangkat kerja baik di kantor dan rumah. Dalam kondisi sekarang ini kita dituntut kerja dari rumah. Jangan ada virus di rumah kita.
0
Pengguna Laptop Wajib Tahu! Begini Cara Merawat Touchpad-nya
Touchpad merupakan salah satu bagian laptop yang berperan khusus untuk menggerakan kursor dan menjadi pusat kendali sistem. Simak ulasannya.