UNTUK INDONESIA
Pengguna Baru Zoom di China Dibatasi
Zoom Video Communications Inc mengatakan mereka membatasi pengguna baru di China daratan, dan saat ini hanya untuk pengguna korporat.
Ilustrasi Zoom. (Foto: Antara/twitter.com/zoom)

Jakarta - Zoom Video Communications Inc mengatakan mereka membatasi pengguna baru di China daratan, dan saat ini hanya untuk pengguna korporat.

Dikutip dari Reuters, Jumat, 22 Mei 2020, dikutip dari Antara, pengguna akun gratis di daratan utama China tetap bisa mengikuti konferensi video yang diadakan pengguna terdaftar. Sementara itu, pengguna terdaftar dibatasi hanya untuk pelanggan korporat, yang mendaftar melalui perwakilan penjualan resmi.

Analis dari DA Davidson, Rishi Jaluria menilai Zoom ingin menghindari pengguna membanjiri platform tersebut.

"Paparan di China menjadi perhatian khusus di kalangan media, terutama setelah muncul laporan beberapa data dialihkan melalui server di China," kata Jaluria.

Nikkei melaporkan pembatasan akun Zoom individu di China karena "persyaratan peraturan" di negara tersebut. Zoom juga sedang berada di bawah pengawasan Amerika Serikat (AS) dan China karena masalah perang dagang.

Zoom, yang popularitasnya meroket setelah karantina akibat pandemi virus corona, mendapat banyak kritik dari pakar keamanan siber karena masalah keamanan dan privasi data.[]

Berita terkait
Zoom Beroperasi Normal Setelah Terjadi Gangguan
Aplikasi Zoom pada Minggu (17/5/2020) sempat bermasalah, mengalami penundaan (delay) cukup lama saat menampilkan dashboard.
Vonis Mati Perdana di Singapura Dibacakan via Zoom
Pria asal Malaysia berusia 37 tahun di Singapura divonis mati yang disampaikan melalui video Zoom. Pria itu divonis mati dalam kasus narkoba.
Setengah Juta Akun Zoom Dijual Bebas di Situs Gelap
Seorang hacker telah menjual lebih dari setengah juta akun Zoom kepada pakar keamanan siber di dark web (situs gelap).
0
Pengguna Baru Zoom di China Dibatasi
Zoom Video Communications Inc mengatakan mereka membatasi pengguna baru di China daratan, dan saat ini hanya untuk pengguna korporat.