Baliho Puan Maharani hingga Kritikan Kinerja Ganjar Pranowo

Pengamat Politik Gerry Hukubun, yakin bahwa merebaknya baliho Puan Maharani merupakan langkah untuk membendung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.
Baliho Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani. (Foto: Tagar/Brata)

Jakarta - Pengamat Politik Gerry Hukubun, yakin bahwa merebaknya baliho Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani adalah langkah untuk membendung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melenggang di bursa calon presiden 2024.

Menurut Gerry Hukubun apa yang dilakukan oleh tim PDIP dengan memasang baliho Puan Maharani merupakan dukungan terhadap Ketua DPR tersebut.

“Jadi sebetulnya apa yang menjadi fenomena saat ini saya pikir apa yang dibuat oleh tim PDIP adalah bentuk bagaimana dukungan terhadap mba Puan dalam bentuk konteks untuk menunjukan bahwa mba Puan melenggang di bursa capres 2024,” ujar Gerry saat diwawancarai kanal YouTube Tagar TV, Jumat, 8 Agustus 2021.


Kalau ini ada skenario PDIP itu bisa saja, kalau saya liat dari kepribadian partai PDIP mempunyai pribadi yang realistis untuk melihat situasi kita berkaca dari 2014.


Gerry HukubunGerry Hukubun saat diwawancarai Cory Olivia di kanal YouTube Tagar TV. (Foto: Tagar/Azzahrah)

Gerry juga mengatakan jika dilihat dari konteks dukungan partai PDIP bisa berpengaruh terhadap Ganjar Pranowo yang juga digadang-gadangkan sebagai calon presiden 2024. 

“Kalau ini ada skenario PDIP itu bisa saja, kalau saya liat dari kepribadian partai PDIP mempunyai pribadi yang realistis untuk melihat situasi kita berkaca dari 2014,” ucap Gerry.

Gerry melihat bahwa jika tujuanya untuk memberikan informasi bahwa Puan Maharani ingin mencalonkan diri tidak masalah dan ia berpikir itu tidak akan menenggelamkan nama Ganjar Pranowo.

Berbicara soal Ganjar Pranowo, Gerry juga menanggapi perihal di tegurnya Gubernur Jawa Tengah tersebut oleh Megawati soal banjir rop. 

Gerry mengatakan bahwa mungkin Megawati hanya memberi masukan dengan kinerja Ganjar Pranowo meskipun setimen masyarakat beranggapan bahwa ini merupakan permasalahan persaingan antara Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

“Saya pikir saat ini masih dalam kontes yang wajar, saya masih belum bisa memasukkan hal ini dalam konteks sentimen,” ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai pemasangan baliho Puan tersebut mendapatkan perintah langsung dari petinggi PDIP. 

Tujuan pemasangan baliho untuk meningkatkan popularitas Puan Maharani. Selain itu, Adi menilai ada dua faktor PDIP memasang baliho Puan Maharani. Faktor yang cukup besar adalah faktor dari dalam, yakni terkait Ganjar dan Pilpres 2024. 

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
Pakar Politik LIPI: Stigma Positif Kepemimpinan Perempuan
Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati mengatakan adanya stigma yang positif dengan kepemimpinan perempuan dipengaruhi sejumlah faktor.
Puan Maharani Kutuk Keras Praktik Mafia Obat Covid-19
Ketua DPR RI Puan Maharani, mengutuk keras praktik mafia obat, termasuk obat terapi pasien Covid-19 dan meminta pemerintah menindak tegasnya.
Puan Maharani Minta Pemda Segera Bayar Insentif Nakes
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk segera membayarkan dan menyalurkan dana insentif bagi tenaga kesehatan.
0
Baliho Puan Maharani hingga Kritikan Kinerja Ganjar Pranowo
Pengamat Politik Gerry Hukubun, yakin bahwa merebaknya baliho Puan Maharani merupakan langkah untuk membendung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.