UNTUK INDONESIA
Penderita DBD Dominasi di Gowa Awal Tahun 2020
Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi penyakit yang mendominasi di awal tahun 2020 untuk wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.
Fogging nyamuk Demam Berdarah (DBD) salah satu upaya antisipasi DBD di musim hujan. (Foto: Tagar/ist)

Gowa - Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi penyakit yang mendominasi di awal tahun 2020 untuk wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Pada Januari 2020, Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa mencatat sebanyak 40 kasus DBD selama memasuki tahun 2020.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, DBD didominasi oleh anak-anak usia 5 hingga 14 tahun dengan jumlah penderita 18 orang. Diposisi ke dua usia 15 hingga 44 tahun dengan jumlah penderita sebanyak 15 orang.

DBD memang penyakit musiman karena faktor cuaca. Tapi begitu ada laporan kita langsung tangani dengan baik.

Selanjutnya balita berumur 1 hingga 4 tahun dengan jumlah penderita empat kasus. Selebihnya orang dewasa umur di atas 45 tahun berjumlah dua kasus, serta bayi satu kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Gowa, dr. Hasanuddin menuturkan bahwa tingginya penderita DBD disebabkan oleh faktor lingkungan dan cuaca. Menurutnya sebagian besar wilayah di dataran rendah Kabupaten Gowa merupakan daerah endemis DBD.

"DBD memang penyakit musiman karena faktor cuaca. Tapi begitu ada laporan kita langsung tangani dengan baik," kata Hasanuddin, Senin 17 Februari 2020.

Apalagi baru-baru ini, memasuki awal musim hujan yang mengakibatkan penyebab DBD di daerah endemis makin subur. Lebih jauh dia menjelaskan bahwa penderita DBD umumnya dirawat di sejumlah Puskesmas maupun RSUD Syekh Yusuf.

Untuk mengantisipasi angka penderita DBD meningkat, Dinkes Gowa rutin menurunkan petugas untuk melakukan fogging pada daerah yang rentan endemis DBD.

"Fogging ini dilakukan untuk memastikan tidak ada korban baru yang terkena DBD," ungkapnya.

Selain itu, Dinkes Gowa telah melakukan abatisasi dengan membagikan bubuk-bubuk pembasmi jentik nyamuk kepada warga setempat. Utamanya daerah yang dinilai endemis.

"Petugas turun ke daerah endemis DBD. Kita lakukan fogging dan abatisasi," terangnya. []

Berita terkait
Lima Kecamatan Terbanyak Kasus DBD di Bantul
Dinkes Bantul mencatat kasus DBD meningkat pesat. Januari ada 50 kasus, Februari menjadi 160 kasus. Ada 5 kecamatan kasus DBD tertinggi di Bantul.
Penyebab Penderita DBD di Tegal Meningkat
RS Mitra Siaga Tegal mencatat ada enam pasien yang dirawat karena menderita DBD.
Hati-hati dan Cermati Gejala DBD pada Anak
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Siti Nadia ingatkan orang tua perhatikan gejala demam berdarah pada anak.
0
Ratusan Ojol dan Debt Collector Bentrok di Sleman
Ojol dan DC bentrok di sekitar Kantor Grab Yogyakarta. Kedua belah pihak saling lempar batu.