Penangkaran Buaya Terbesar di Indonesia Ada di Bekasi

Jumlah pengunjung Taman Buaya Indonesia Jaya semakin menurun setiap tahun karena, tidak banyak orang yang mengetahuinya.
Taman Buaya Indonesia Jaya di Bekasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Buaya kerap diburu oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab dengan tujuan  mengambil kulitnya untuk dijadikan dompet atau tas. Harga jual yang mahal membuat perburuan buaya semakin tinggi.

Mengetahui hal itu, pemerintah Indonesia tak tinggal diam. Akhirnya pada tahun 1991, dibuat Taman Buaya Indonesia Jaya untuk menyelamatkan kelangsungan hewan buas tersebut.  

Tempat ini tidak hanya dirancang sebagai penangkaran buaya, namun juga sebagai tempat wisata edukasi. Karena itulah, rancangan Taman Buaya Indonesia Jaya dibuat semirip mungkin dengan ekosistem yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup buaya.

Taman Buaya Indonesia Jaya merupakan pengakaran buaya terbesar di Indonesia. Dengan ikon berupa monumen buaya sepanjang 4 meter. Sayangnya, tempat ini tidak terkenal.

Awalnya pengakaran ini berada di daerah pluit pada tahun 1980-an, tapi karena adanya rencana membangun pusat perbelanjaan di pluit, penangkaran buaya terpkasa ini harus dipindahkan ke daerah lain. Akhirnya, pada tahun 1991, Taman Buaya Indonesia Jaya dipindahkan ke Jalan Raya Cikarang Cibarusah No 18, Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi.

Sekadar informasi, Taman Buaya Indonesia Jaya mempunyai 5 kolam penangkaran buaya dengan ukuran besar. Untuk kapasitas tampungnya, 1 kolam diperkirakan bisa menampung 100 buaya Jadi setidaknya Taman Buaya Indonesia Jaya bisa menampung 500 buaya.

Total keseluruhan luas lahan dari Taman Buaya Indonesia Jaya adalah 1,2 hektar. Update terakhir pada tahun 2018 terdapat 500 buaya ditangkarkan di sini.

Buaya yang ditangkarkan adalah buaya muara Sumatera, buaya moncong panjang dari Kalimantan, buaya kulit hitam dari Irian, dan buaya Albino.

Dalam catatan Taman Buaya Indonesia Jaya, disini terdapat buaya tertua dengan usia 47 tahun, panjang 3,5 meters, dan berat 700 kg.

Sayangnya, jumlah pengunjung Taman Buaya Indonesia Jaya semakin menurun setiap tahun. Karena, tidak banyak orang yang tahu jika ada tempat penangkaran buaya ini.

Taman Buaya Indonesia Jaya membutuhkan uang dari penjualan tiket untuk pemeliharaan fasilitas Taman Buaya Indonesia Jaya dan memberi makan buaya yang ada disini.

Padahal, Taman Buaya Indonesia Jaya juga tak kalah menarik dengan obyek wisata terkenal lainnya. Penangkaran buaya ini memiliki fasilitas yang bagus untuk wisatawan. Mulai dari saung yang bisa digunakan wisatawan beristirahat hingga ruang atraksi buaya.

Daya tarik utama dari pengakaran buaya ini adalah atraksi ketika pelatih buaya memberi makan. Selain itu Taman Buaya Indonesia Jaya memiliki tempat penetasan telur, penangkaran bayi buaya, tempat mengenal jenis-jenis buaya. 

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke sini? Lokasi Taman Buaya Indonesia jaya terletak di Jl Raya Serang-Cibarusah KM 3, Serang Baru, Bekasi, Jawa Barat. Sehari-hari, taman ini buka pada pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. []

Berita terkait
Berikut 5 Perilaku Buaya yang Wajib Dipahami
5 perilaku buaya yang harus diketahui agar tidak diserang oleh hewan predator ini.
Mitos Buaya Putih dan Hantu Selong di Bendungan Menganti
Bendungan Menganti di perbatasan Cilacap dan Ciamis menjadi lokasi penemuan mayat. Ada mitos tentang buaya putih dan hantu Selong di sana.
Cerita Buaya Sungai Tello Makassar Keturunan Manusia
Buaya di Sungai Tello Makassar dianggap sebagai jadi-jadian mempunyai cerita dari warga mengaku sebagai keluarganya.
0
Grup Parodi Warkopi Dianggap Telah Melanggar HAKI
Menurutnya, apakah perbuatan Warkopi dan manajemennya bisa terjerat pidana, hal itu tergantung situasi.