UNTUK INDONESIA
Pemkot Makassar Tidak Terapkan PSBB Tapi Swab Massal
emerintah Kota Makassar tidak menyiapkan opsi untuk kembali melakukan PSBB. Namun pemkot Makassar melakukan swab massal.
Swab massal yang dilakukan Pemkot Makassar, Jumat 11 September 2020. (Foto: Tagar/Pemkot Makassar

Makassar - Pemerintah Kota Makassar tidak menyiapkan opsi untuk kembali melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai langkah penanganan penyebaran Covid-19 di Kota Makassar. Namun, fokus pada pelaksanaan swab test secara massif mulai Jumat 11 September 2020.

Kami tidak punya opsi PSBB, karena dapat memukul kembali perekonomian masyarakat.

Swab test ini dilakukan secara bergiliran di enam kecamatan yang menjadi pusat penyebaran virus Corona di Kota Makassar. Penjabat Wali Kota Makassar, Rudi Djamaluddin mengatakan, protokol kesehatan tetap menjadi fokus pihaknya dalam menangani pandemi Covid-19.

"Kami tidak punya opsi PSBB, karena dapat memukul kembali perekonomian masyarakat. Kami tidak ingin krisis ekonomi yang dapat berlanjut ke krisis sosial," kata Pj Wali Kota Makassar, Jumat 11 September 2020.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin menerangkan, swab test massal ini dilaksanakan di enam kecamatan yang menjadi episentrum penyebaran Covid-19 di Kota Makassar.

Swab test ini merupakan dari bagian implementasi dari program Trisula yakni, Tracing, Testing dan Edukasi yang telah dicanangkan Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

"Hari ini kita mulai dari Kecamatan Rapoccini, prinsipnya kita dekati wilayah yang memiliki angka kasus positif tertinggi, agar memudahkan masyarakat melakukan pemeriksaan. Khususnya yang merasa pernah kontak dengan pasien Covid-19, memiliki gejala atau bertetangga dengan pasien," kata Kadis Kesehatan Kota Makassar.

Dalam pelaksanaan swab test ini, pihaknya mendapat dukungan kendaraan PCR yang disiapkan oleh Gugus Tugas Sulsel.

"Swab test ini diberikan secara gratis dan dilakukan secara bertahap di enam kecamatan. Tapi kedepannya akan dilanjutkan ke kecamatan-kecamatan lainnya," ujarnya.

Berikut jadwal swab test massal di Kota Makassar. Hari pertama, Jumat 11 September 2020, dilaksanakan di Kelurahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini.

Hari kedua Sabtu 12 September 2020, dilaksanakan di Kecamatan Biringkanaya. Selanjutnya swab test hari ketiga, Senin 14 September 2020 di Kecamatan Panakukang. Hari ke empat, Selasa 15 September 2020 di Kecamatan Tamalate.

Berikutnya hari kelima, Rabu dan Kamis nanti di Kecamatan Manggala, dan di Kecamatan Tamalanrea. []

Berita terkait
Kronologi Ketua KPU Gresik Terpapar Covid-19
Komisioner KPU Gresik Elvita menyebutkan Ketua KPU Gresik positif Covid-19 usai mengantarkan pasangan calon kepala daerah ke RSU dr Soetomo.
KKP Jelaskan Pentingnya Sistem Ketelusuran Kapal
Gellwynn Jusuf menjelaskan pentingnya traceability (ketelusuran) kapal penangkapan ikan di perairan Indonesia.
Fraser Jadi CEO Wanita Pertama di Bank Wall Street
Citigroup menunjuk Jane Fraser menjadi kepala essekutif (CEO) pertama di Bank Wall Street, Amerika Serikat.
0
Kapolda Sulsel Pastikan Aliansi MAKAR Penyusup Demo Omnibus Law
Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam pastikan, demo mahasiswa yang berakhir dengan pembakaran mobil ambulance milik NasDem di Makassar disusupi.