UNTUK INDONESIA
Pemko Siantar Diminta Bagi Hand Sanitizer ke Warga
Pemko Pematangsiantar bisa meniru Surabaya dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.
dr Ronald Saragih (tengah) saat gelaran RDP bersama Komisi I DPRD Kota Pematangsiantar, Kamis 19 Maret 2020. (Foto: Tagar/Anugerah Nasution)

Pematangsiantar - Wakil Ketua Komisi I DPRD Pematangsiantar Boy Warongan meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melakukan langkah pencegahan penyebaran Covid-19 semisal membagi hand sanitizer secara gratis kepada warga.

Politikus PAN menyarankan Pemko Pematangsiantar meniru beberapa daerah di Indonesia. 

"Seperti Surabaya ada tindakan preventif, pembagian masker dan hand sanitizer kepada masyarakat. Ada juga wastafel di ruang publik," ujar Boy di Pematangsiantar, Kamis, 19 Maret 2020.

Pemantauan oleh Dinas Kesehatan di tiap akses masuk wilayah Pematangsiantar juga menjadi hal yang penting. Anggota Komisi III DPRD Pematangsiantar Astronout Nainggolan menegaskan hal itu.

Ada satu PDP masih dirawat di RSUP Haji Adam Malik

Menurut dia, dalam situasi seperti ini Pemko Pematangsiantar dapat melakukan pergeseran anggaran guna melindungi masyarakat.

"Sudah ada arahan dari Menteri Dalam Negeri. Sudah sebaiknya pencegahan dilakukan segera mungkin. Baik akses menuju Siantar, hotel, pasar harus dipantau dan penyediaan sarana antisipasi corona," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Pelaksana Tugas Dirut Rumah Sakit Umum Daerah dr Djasamen Saragih Pematangsiantar Ronald Saragih, mengatakan satu orang warga Pematangsiantar berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan tengah dirawat di RSUP Haji Adam Malik, Medan.

Selain itu, ada lima Orang Dalam Pemantauan (ODP) di rumah masing-masing. 

"Ada satu PDP masih dirawat di RSUP Haji Adam Malik. Untuk lima lainnya berstatus ODP. Kemudian ada 60 orang yang memiliki risiko kecil. Mereka yang mempunyai riwayat berpergian ke beberapa daerah," kata Ronald.[]

Berita terkait
Melihat Antusiasme Warga Semarang Cek Gratis Corona
Warga Semarang berduyun-dayun datang ke pos kesehatan Covid-19. Mereka ingin memastikan terpapar virus corona atau tidak.
Rumah Sakit di Sumut Tidak Boleh Menolak ODP Corona
Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Sumatera Utara mengingatkan rumah sakit umum daerah atau swasta tidak boleh menolak ODP.
Keterbukaan 3 Wanita Cantik Pasien Positif Corona
Seorang ibu dan dua putri, Maria Darmaningsih, Sita Tyasutami dan Ratri Anindyajati, pasien positif corona yang sembuh. Mereka membuka diri.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.