UNTUK INDONESIA
Pemkab Gowa Antisipasi DBD di Musim Hujan
Antisipasi penyakit saat musim hujan. Pemkab kowa melalui Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan sarang nyamuk Demam Berdarah (DBD)
Fogging nyamuk Demam Berdarah (DBD) salah satu upaya antisipasi DBD di musim hujan. (Foto: Tagar/ist)

Gowa - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan sarang nyamuk ata Fogging di beberapa titik daerah andemis, khususnya di daerah dataran rendah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di masyarakat.

Kita tahu dalam musim hujan itu penyakit Demam Berdarah (DBD) sangat berpotensi menyerang manusia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin mengatakan, beberapa daerah di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan memang merupakan daerah andemis nyamuk Aedes aegypti, penyebab penyakit DBD.

"Kita tahu dalam musim hujan itu penyakit Demam Berdarah (DBD) sangat berpotensi menyerang manusia. Apalagi di Gowa itu ada beberapa kecamatan, khususnya di daratan rendah menjadi daerah Andemis," kata Hasanuddin, Selasa 14 Januari 2020.

Beberapa wilayah berpotensi dapat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti telah dipetakan oleh Dinas Kesehatan Gowa, diantaranya kecamatan Somba Opu, Pallangga, Barombong, Bajeng, Bontomarannu dan Kecamatan Bontonompo yang merupakan wilayah dataran rendah.

"Sejak Desember tahun lalu hingga sekarang itu kita lakukan penyemprotan pada sarang-sarang yang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut. Jadi ada laporan dari puskesmas setempat, langsung kita fogging dan melakukan penyuluhan," ungkap Hasanuddin.

Selain Fogging, pihaknya juga telah memberikan bubuk abatesasi kepada masyarakat. Masyarakat disarankan untuk menaburkan bubuk itu kedalam penanmpungan air.

"Ada juga abatesasi yang kita berikan. Jadi bubuk itu kita anjurkan untuk ditaburi ketempat penampungan air biar nyamuk tidak dapat  berkembang biak," tambahnya.

Untuk mencegah terjadinya DBD di lingkungan keluarga, Hasanuddin menyarankan kepada masyarakat Gowa untuk  menguras bak bak mandi minimal sekali seminggu, mengubur barang-banrang yang dapat menampung air dan menutup rapat-rapat tempat penampungan air. []

Berita terkait
Praperadilan Penyebar Aliran Sesat di Gowa Ditolak
Gugatan praperadilan tersangka Terdakwa aliran sesat, Puang Lalang ditolak secara keseluruhan oleh Hakim Tunggal di Kabupaten Gowa.
Misteri Kematian Wanita Cantik di Gowa Terungkap
Kematian wanita canti di Gowa sedikit mulai menemui titik terang, polisi menduga kematiannya tidak wajar alias dibunuh.
Wanita Cantik di Gowa Tewas Misterius di Kamarnya
Nurhaeni, wanita cantik di Gowa ditemukan meninggal misterius di kamar rumahnya. Ada tanda memar di leher.
0
BMW Ubah Logo Memasuki Era Digital
Perubahan logo ini dalam rangka BMW untuk menjawab tantangan memasuki era digital.