UNTUK INDONESIA
Pemkab Cirebon Siapkan Perda Manajemen Pariwisata Cirebon
Dalam Perda Riparda memuat penjelasan tentang manajemen pengelolaan pariwisata, seperti wisata ziarah atau religi di Kabupaten Cirebon
Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Jabar, Hartono (kanan) (Foto: Tagar/Charles).

Cirebon - Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, memastikan Rencana Induk Pariwisata Daerah (Riparda) tinggal menunggu Naskah Akademik (NA) bagi Peraturan Daerah (Perda) Riparda. Riparda akan memuat penjelasan tentang manajemen pengelolan pariwisata di Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Hartono saat ditemui di Kantor Bupati Cirebon, 22 September 2020. "Kita tinggal menunggu NA, setelah ada baru akan maju untuk Perda Riparda," kata Hartono.

Nantinya dalam Perda Riparda dijelaskan tentang menejemen pengelolaan pariwisata yang ada di Kabupaten Cirebon. "Di Perda itu akan berisikan soal menejemen pengelolaan pariwisata," tutur Hartono.

Meskipun nantinya Perda Riparda jadi, sambung Hartono, nantinya akan bersinggungan dengan lokasi wisata keraton. Mengingat sejumlah lokasi wisata ziarah atau religi yang ada di Kabupaten Cirebon sebagian masih dikelola oleh keraton. "Kami sudah melakukan sounding dengan keraton dan keraton pun menyambut baik dengan adanya Perda Riparda ini," kata Hartono.

Selain itu, dia pun menyebutkan, jika Pemerintah Kabupaten Cirebon sejauh ini telah melakukan penyelarasan model dan bentuk seni tradisional dengan keraton yang ada. "Kita juga sudah lakukan penyelarasan bentuk atau model seni tradisional dengan keraton," kata dia.

Disebutkan oleh Hartono bahwa Riparda sudah ada sejak lama, namun selama ini belum dibuatkan Peraturan Daerah. Bahkan, diakuinya, Riparda tersebut sudah dua kali disusun oleh Bappelitbangda Kabupaten Cirebon. "Lamanya tidak di perdakan mungkin hal ini belum menjadi prioritas oleh DPRD," kata Hartono.

Berita terkait
Bus Katons Pemkab Cirebon Dongkrak Pariwisata
Tujuan dari bus Katons untuk mendongkrak pariwisata di Kabupaten Cirebon, Jabar, ajak masyarakat dan anak- anak sekolah berwisata
Wisata Arung Jeram Cirebon Tutup Karena Pandemi
Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19 pengelola wisata tubing (arung jeram) di Kabupaten Cirebon, Jabar, tidak berhenti berinovasi
Kunjungan Wisatawan ke Keraton Kasepuhan Cirebon
Selama bulan Maret 2020 jumlah wisatawan yang berkunjung ke keraton terbesar di Cirebon ini hanya 4.000 orang
0
Ini Lokasi Layanan SIM Keliling di Kota Cirebon
Ini lokasi layanan SIM Keliling Sat Lantas Polres Cirebon Kota hari Jumat, 23 Oktober 2020.