Pemkab Bogor & Pemkot Bekasi Tandatangani Adendum Kerjasama

Pemerintah Kabupaten Bogor dan Pemerintah Kota Bekasi tandatangani adendum kerjasama antar daerah dalam pelayanan publik.
Pemkab Bogor dan Pemkot Bekasi saat menandatangani adendum perjanjian kerjasama antardaerah di Gedung Serba Guna Setda Kabupaten Bogor pada Rabu, 23 Desember 2020. (Foto: Tagar/Dok. Kabupaten Bogor)

Cibinong – Pemerintah Kabupaten Bogor yang diwakili oleh Bupati Bogor, Ade Yasin bersama Wali Kota Bekasi, Rachmat Effendi atas nama Pemerintah Kota Bekasi menandatangani adendum perjanjian kerjasama antar daerah dalam pelayanan publik dan kerja sama penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di wilayah perbatasan.

Penandatanganan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Setda Kabupaten Bogor pada 23 Desember 2020.

“Kerjasama antara Pemkab Bogor dengan Pemkot Bekasi terkait pelayanan publik sudah terjalin sejak tahun 2019, perpanjangan kesepakatan ini dilakukan berdasarkan perkembangan dan kebutuhan di lapangan, sehingga kita perlu memperpanjang kesepakatan ini dengan penambahan substansi pada ruang lingkup kesepakatan bersama yang merupakan urusan wajib dan pilihan daerah” ungkap Ade Yasin dalam sambutannya.

Acara penandatanganan kerjasama dihadiri oleh Forkompimda Kabupaten Bogor dan para pejabat Pemerintah Kota Bekasi. Ade Yasin selaku Bupati Bogor menyambut baik kerjasama antara Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi tersebut untuk menanggulangi masalah-masalah yang ada di Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi khususnya di perbatasan.

“Pentingnya kerjasama antardaerah dalam hal ini Jabodetabek dalam penanganan Covid-19 terutama daerah yang berbatasan sangat krusial, karena tingginya mobilitas penduduk di dua wilayah sehingga perlu kerjasama dalam penerapan aturan terkait PSBB, atau penanganan fasilitas kesehatan misalnya.” tegas Ade.

Baca juga:

Menurutnya hal-hal seperti pengendalian pencemaran dan sampah Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas serta penanganan banjir kabupaten – kota pada bidang Lingkungan Hidup dan Pekerjaan Umum perlu kerjasamakan untuk kemaslahatan bersama.

Pada waktu yang bersamaan, Wali Kota Bekasi Rachmat Effendi mengamini apa yang telah disampaikan oleh Ade Yasin terkait pentingnya kerjasama antardaerah. 

“Yang paling krusial adalah tentang kerjasama pemadaman kebakaran antarwilayah perbatasan, terus lingkungan, ada revitalisasi kali Bekasi yang arahnya dari Cikeas dan di Cileungsi dan banyak lagi yang terus dimutasikan untuk meningkatkan pelayanan kedua daerah,” ungkapnya.

“Akan ditindaklanjuti dengan dinas teknis, contohnya pemadam kebakaran kalau ada kebakaran di Bekasi, kita bisa minta tolong Pemkab Bogor yang deket begitu juga sebaliknya. Tentang banjir, tentang keuangan juga nanti unit-unit teknis yang melakukan hal tersebut.” ucap Rachmat.

Bentuk kerjasama yang dilakukan kedua pemerintah daerah ini akan dilaksanakan sesuai dengan tupoksi perangkat daerah terkait untuk saling melengkapi satu sama lainnya. []

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Pemkab Bogor Perketat Jalur Puncak Cegah Covid-19
Untuk tegakkan peraturan Bupati Bogor, tentang PSBB mulai 12 September 2020 Pemkab Bogor bersama TNI-Polri perketat pengawasan di jalur Puncak
Pemkot Bekasi Izinkan Operasional Panti Pijat dan Diskotik
Pemkot Bekasi telah mengeluarkan aturan baru terkait pembatasan operasional usaha publik mulai 2-7 Oktober 2020 hingga pukul 18.00.
Pemkot Bekasi Salurkan Bansos untuk Karyawan PHK
Untuk meringankan beban buruh atau karyawan yang di-PHK Pemkot Bekasi salurkan Bansos bantuan dari Kemenaker
0
Politikus PDIP Usulkan Duet Puan-Anies di Pilpres 2024
Politikus PDIP Effendi Simbolon memberikan usulan agar Puan Maharani berduet dengan Anies Baswedan di pemilihan presiden 2024 bukan dengan Prabowo.