UNTUK INDONESIA
Pemerkosa 190 Pria Reynhard Sinaga Cerdas dan Santun
Reynhard Sinaga, pelaku pemerkosaan 190 pria di Inggris, saat SMP dikenal pelajar cerdas dan santun. Berikut penuturan gurunya.
Reynhard Sinaga. (Foto: WeedyNews)

Depok - Reynhard Sinaga, pelaku pemerkosaan terhadap 190 pria di Inggris, dikenal sebagai pribadi yang cerdas serta santun saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wakil Kepala SMP Negeri 2 Depok, Budiyanti.

"Ketika saya melihat fotonya yang sekarang sedang viral, saya baru ingat kalau saya dulu pernah mengajar dia. Saat dulu dia bersekolah di SMP ini, dia dikenal sebagai anak yang baik dan santun. Tidak terlihat perilaku seperti sekarang yang sedang dibicarakan banyak orang, yang kita tahu, guru-guru yang pernah mengajar dia disini, dia memang anak yang baik, normal seperti anak-anak SMP lainnya," tutur Budiyanti kepada Tagar, Rabu, 8 Januari 2020.

"Kalau saya sebagai guru mengenalnya sebagai anak yang baik, anak yang sopan, hanya saja perilaku dia lebih halus ketimbang anak laki-laki sebayanya. Untuk perilaku selanjutnya kami tidak tahu, termasuk latar belakang dia melakukan perilaku menyimpang itu, karena setelah itu kita tidak tahu lagi jejaknya," ujarnya.

Kalau dia pernah bersekolah di SMAN 1 Depok, berarti dia bisa dikategorikan sebagai anak yang pintar.

SMA Negeri 1 DepokSMA Negeri 1 Depok, tempat Reynhard Sinaga bersekolah. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)


Budiyanti juga menjelaskan bahwa saat bersekolah, Reynhard Sinaga tidak pernah mengalami kasus-kasus yang serius.

"Selama bersekolah dia tidak pernah ada kasus, misalnya sampai dipanggil orang tua, tidak pernah. Kalau soal kenakalan anak remaja, seperti sedikit usil atau apa itu merupakan hal yang biasa. Bukan kasus yang luar biasa sampai dipanggil orang tuanya," ucapnya

Terkait prestasi selama bersekolah, sebagai guru yang sempat mengajar Reynhard, Budiyanti mengatakan bahwa prestasi akademiknya cukup bagus pada masa ia bersekolah.

"Saya sendiri pernah mengajar dia mata pelajaran PPKN, untuk nilai sendiri di mata pelajaran saya normal, misalnya dia bisalah mendapatkan nilai 8, artinya dia bukan anak yang unggul sekali, dibilang tidak unggul juga tidak, artinya dia bisa menjangkau nilai rentang 8 sampai 9 itu dia bisa," kata Budiyanti.

Lebih lanjut, Budiyanti menjelaskan, "Kalau dia pernah bersekolah di SMAN 1 Depok, berarti dia bisa dikategorikan sebagai anak yang pintar. Karena tidak mudah untuk masuk SMA 1, hanya saja sayangnya sampai hari ini kamimasih belum menemukan rekam jejak pendidikannya disini, kami masih sedang cari itu."

Budiyanti juga mengatakan cukup kaget dan menyayangkan atas kasus yang menimpa Reynhard Sinaga. Ia berharap kasus tersebut bisa segera selesai dan Reynhard bisa kembali ke jalan yang lebih baik.

"Jujur saja dari semua guru yang pernah mengenal dan mengajar dia pasti kaget dan sangat menyayangkan sampai hal itu terjadi, jadi kita tidak pernah membayangkan. Tetapi yang namanya guru, kita tidak bisa memantau semua alumninya. Kita hanya bisa berdoa semoga dia bisa diberikan hidayah dan bisa kembali ke jalan yang benar," kata Budiyanti. 

Rumah Keluarga Reynhard SinagaRumah mewah milik keluarga Reynhard Sinaga di Jalan Dahlia No 16, RT 03/RW 11, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)


Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Depok, Supyana, mengatakan tidak mengetahui secara persis bagaimana perilaku Reynhard Sinaga di sekolah. Dia hanya mengetahui seorang Reynhard dari rekam jejak pendidikannya.

Dia tergolong murid yang cerdas.


"Saya tidak mengetahui persis bagaimana Reynhard di sekolah, karena Reynhard sudah lulus dari sekolah di sini sudah cukup lama sekitar 19 tahun lalu. Sekarang kami hanya bisa mengetahui seorang Reynhard dari rekam jejak pendidikannya," ujarnya.

Supyana menjelaskan dari catatan akademis selama bersekolah di SMAN 1 Depok, Reynhard berperilaku baik, nilainya pun terbilang bagus. Dia tergolong murid yang cerdas tapi tidak juga menonjol di lingkungan sekolah.

"Dia tergolong murid yang cerdas. Sikap kami tentunya sangat menyesalkan dan prihatin atas apa yang sudah terjadi, kemudian menyikapi putusan pengadilan Manchester, tentu perbuatan yang dilakukan oleh saudara Reynhard itu merupakan tindakan yang sangat keji, biadab, dan tidak berperikemanusiaan. Tetapi walaupun demikian, Reynhard adalah alumni SMA Negeri 1 Depok, kami tidak bisa menyangkal itu," katanya.

"Tetapi tindakan yang dilakukan saudara Reynhard ini adalah tindakan secara pribadi, tindakan yang dilakukan oleh orang dewasa dan itu merupakan tanggung jawab pribadi. Tidak ada keterkaitan antara tindakan dia dengan status dia sebagai alumni SMA Negeri 1 Depok," ujar Supyana. []

Berita terkait
Situasi Rumah Reynhard Sinaga Pemerkosa 190 Pria
Reynhard Sinaga, warga Indonesia yang dihukum di Inggris karena memperkosa 190 pria berasal dari keluarga kaya. Tagar mendatangi rumahnya.
Profil Keluarga Reynhard Sinaga Pemerkosa 190 Pria
Reynhard Sinaga pria asal Jambi yang berkuliah di Inggris dijerat kasus pemerkosaan terhadap 190 pria Inggris. Dia dijatuhi hukuman seumur hidup.
Reynhard Sinaga Perkosa 190 Pria, Ini Kata Psikolog
Reynhard Sinaga pria asal Jambi yang berkuliah di Inggris dijerat kasus pemerkosaan terhadap 190 pria Inggris. Dia dijatuhi hukuman seumur hidup.
0
BNPB: Pemerintah Jamin Pendanaan Penanganan Corona
Kepala BNPB Doni Monardo memastikan pemerintah bakal menjamin segala pendanaan terkait penanganan virus corona.