Pemerintah Percepat Pembangunan KSPN Borobudur

Agung Makbul mengatakan Pengembangan tersebut diharapkan dapat mewujudkan multiplier effect dan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Candi Borobudur. (Tagar/Pexels/Tomas Malik)

Jakarta - Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Bidang Ideologi dan Konstitusi Inspektur Jenderal Polisi Agung Makbul mengatakan, pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur ditinjau dari aspek Astagatra penting guna terjaganya stabilitas politik, hukum, dan keamanan.

"Pengembangan KSPN Borobudur merupakan gagasan besar pemerintah untuk membangkitkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Pengembangan tersebut diharapkan dapat mewujudkan multiplier effect yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Agung Makbul di situs Kemenko Polhukam, Senin, 21 Juni 2021.

Dia menjelaskan, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) merupakan program strategis Pemerintah yang tertuang dalam Perpres 109/2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.


Pengembangan tersebut diharapkan dapat mewujudkan multiplier effect yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Menurut dia, KSPN bukan hanya program yang menyasar aspek fisik saja tetapi juga aspek non-fisik. Aspek non-fisik yang menjadi indikator keberhasilan KSPN, yaitu terjadi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah KSPN, pemberdayaan masyarakat setempat, peningkatan kualitas SDM, dan sustainability pembangunan di wilayah KSPN.

"Salah satu KSPN yang menjadi prioritas Pemerintah yaitu Pengembangan Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Provnsi Jawa Tengah. Pemerintah saat ini terus mempercepat pembangunan KSPN Borobudur sehingga koordinasi lintas sektoral yang lebih intensif," katanya.

Selain itu dari harapan besar yang diberikan pemerintah ke KSPN Borobudur, salah satu kunci sukses yang perlu diperhatikan yaitu menyeimbangkan antara meningkatkan kualitas wisata tanpa meninggalkan unsur budaya dan historis, karena Borobudur merupakan simbol budaya dunia.

"Sementara itu hal lain yang perlu menjadi perhatian bersama yaitu rencana untuk menjadikan Borobudur sebagai pusat peribadatan umat Buddha sedunia."

"Hal tersebut harus menjadi atensi bersama bahwa apabila gagasan tersebut terwujud maka Borobudur akan menjadi simbol kuat dalam toleransi beragama di Indonesia dan memperteguh semboyan Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya. []

Baca Juga: Sandiaga Temui Komunitas Bahas Daerah Penyangga Wisata Borobudur

Berita terkait
Ganjar Pranowo: Borobudur Duathlon Upaya Kembangkan Wisata
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan event Borobudur Duathlon 2021 merupakan upaya dalam mengembangkan wisata kawasan candi Borobudur.
Ganjar Apresiasi Rencana Pergelaran Sendratari Jawa Klasik di Borobudur
Ganjar mengapresiasi mimpi Ahli geologi asal Inggris, Rachel Harrison yang ingin memainkan sendratari jawa klasik di Candi Borobudur.
Ganjar Dukung Upaya Menjadikan Borobudur Pusat Kesenian Dunia
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dibuat takjub dengan pertunjukan yang dibawakan Purwatjaraka, Trie Utami, Dewa Budjana dan lainnya.
0
Pemerintah Percepat Pembangunan KSPN Borobudur
Agung Makbul mengatakan Pengembangan tersebut diharapkan dapat mewujudkan multiplier effect dan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.