UNTUK INDONESIA
Pemberian Bansos Tidak Merata, DPR Tegur Kemensos
Anggota Komisi VIII DPR Lisda Hendradjoni mendesak Kementerian Sosial (Kemensos) untuk membagikan bansos merata di tengah pandemi corona Covid-19.
Warga miskin, di bantaran Kali Krukut, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (20/7). Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali menyinggung angka kemiskinan di Indonesia, dia membanding-bandingkan kinerja pemerintah saat ini. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Pematangsiantar - Anggota Komisi VIII DPR Lisda Hendradjoni mendesak Kementerian Sosial (Kemensos) untuk segera turun tangan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Lisda meminta pemerintah memberikan bantuan sembako hingga uang tunai kepada keluarga miskin dan rentan yang terdampak pandemi corona. Terlebih lagi, sudah banyak kejadian warga masyarakat kelaparan akibat tidak bisa bekerja.

"Kita mendesak Kementerian Sosial RI untuk segera mencairkan program bantuan perlindungan sosial antara lain PKH (Program Keluarga Harapan), Kartu Sembako, pemberian sembako di wilayah -wilayah yang terdampak Covid-19," kata Lisda di Jakarta, Kamis, 23 April 2020.

Baca juga:  Data Bansos Tak Akurat, Anies: Tak Mungkin Sempurna

Tidak hanya sebatas di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), menurutnya semua daerah harus mendapatkan bantuan yang merata.

"Kita juga usulkan, agar Kemensos, memberikan Bantuan Langsung Tunai atau BLT untuk keluarga miskin dan rentan," ujarnya.

Politisi NasDem ini menilai pemerintah tidak bisa bekerja sendirian dalam menangani pencegahan dan mengatasi dampak Covid-19 di Tanah Air.

Baca juga: Masalah Bansos DKI, Tito Minta Ahmad Riza Bantu Anies

Lantas, dia mengimbau agar semua lapisan masyarakat khususnya yang memiliki sedikit harta berlebih, juga diminta saling bahu-membahu membantu yang kelaparan.

"Perlu kepedulian masyarakat sekitar juga untuk saling tolong menolong. Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, tapi juga butuh dukungan kita bersama," kata dia.

"Dan yang perlu diingat, haram kalau kita kenyang sementara tetangga masih ada yang kelaparan. Kita berharap, dengan kekompakan pemerintah dan masyarakat, kejadian kelaparan hingga kematian akibat tak makan bisa kita cegah," ucap Lisda. []

Berita terkait
Bansos Jabar Tinggi Dewan Minta Tepat Sasaran
Anggota Fraksi PAN DPRD Jabar, Thoriqoh Nasrullah Fitriyah, berharap realisasi belanja jaring pengaman sosial agar tepat sasaran
Thoriqoh Ingatkan Pembagian Bansos Jangan Ricuh
Anggota Fraksi PAN DPRD Jabar, Thoriqoh Nasrullah Fitriyah, sayangkan ricuh saat pembagian sembako di Kantor Baznas, Cibinong, Kab Bogor, Jabar
Kriteria Warga Kudus Penerima Bansos Dampak Corona
Bansos akan disalurkan pekan ini. Hanya untuk warga Kudus yang terdampak pandemi virus corona.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.