Pemain Kripto Meningkat Drastis, Berusia di Bawah 30 Tahun

Kehadiran bursa aset kripto ini, menurut Wamendag Jerry Sambuaga, juga akan turut melahirkan dampak-dampak turunan selain melindungi masyarakat.
Ilustrasi - (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, berdasarkan data yang didapatkan Kemendag, sebanyak 90 persen yang melakukan transaksi aset kripto di Indonesia adalah anak muda. Rentang usianya adalah 20 hingga 30 tahun.

"Perlu kami sampaikan, kripto di Indonesia diperdagangkan sebagai komoditas karena mungkin banyak yang salah persepsi mengira ini menjadi alat pembayaran. Alat pembayaran sesuai Undang-Undang yang berlaku di Indonesia hanya rupiah, kripto itu komoditas karena itu kita sebut sebagai aset kripto," kata Jerry dalam diskusi virtual Meneropong Aset Kripto di Indonesia, Senin, 5 Juli 2021.

Dia menjelaskan, dari sisi transaksi, nilainya juga luar biasa. Jika pada 2015 belum begitu dilirik, tapi saat ini rata-rata nilai transaksi hariannya mencapai Rp 1,7 triliun. Totalnya, kata Jerry, lebih dari Rp 370 triliun per Mei 2021.

Artinya, ada potensi dan antusiasme besar, khususnya dari generasi muda. Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kemendag berencana merilis bursa aset kripto pada tahun ini.

"Ada potensi dan antusiasme besar khususnya dari generasi muda. Sehingga tentunya kami dari Kemendag ingin meregulasi ini supaya terorganisir, sistematis dan lebih ada peraturan yang jelas memayungi ini dan akhirnya adalah perlindungan kepada konsumen," ujarnya.

Kehadiran bursa aset kripto ini, lanjut Jerry, juga akan turut melahirkan dampak-dampak turunan selain melindungi masyarakat. Beberapa di antaranya, pemerintah bisa mengidentifikasi dan membuat arus perdagangan lebih lancar dan aman.


Ada potensi dan antusiasme besar khususnya dari generasi muda. Sehingga tentunya kami dari Kemendag ingin meregulasi ini supaya terorganisir, sistematis.


"Jadi tidak ada pencucian uang atau aset kripto yang disalahgunakan untuk kepentingan-kepentingan negatif. Filosofi bagaimana kita membentuk bursa ini semata-mata sebagai proteksi dan perlindungan bagi masyarakat yang nanti akan bermain dan berdagang, sehingga ini semua dapat terlindungi dengan baik," katanya.

Seperti diketahui, saat ini, pemilik akun kripto per April 2021 di Indonesia mencapai 5,6 juta. Jumlahnya naik dari 4,2 juta pada Maret 2021. []

Berita terkait
Botxcoin, Kripto Karya Anak Bangsa Resmi Dirilis
CEO & Co-Founder Botxcoin Indra Kesuma mengatakan, tren investasi mata uang digital semamkin naik daun sebagai investasi masa depan.
Pakar UNPAD: Aset Kripto Jangan Digunakan untuk Transaksi
Dian Masyita mengingatkan masyarakat, khususnya generasi milenial, untuk bijak dalam melihat fenomena mata uang kripto (cryptocurrency).
Menko Perekonomian Sebut Perdagangan Kripto Capai Rp 370 T
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Ke depan perdagangan kripto akan lebih mapan.
0
Lirik dan Terjemahan Lagu Forever and One - Helloween
‘Forever and One’ adalah lagu dari band beraliran power metal asal Jerman Helloween dan merupakan bagian dari album The Time of the Oath.