UNTUK INDONESIA
Pelayanan Disdukcapil Padang Pakai Jaga Jarak
Disdukcapil Kota Padang, Sumatera Barat, menerapkan pola jaga jarak dalam melayani masyarakat.
Antrian di Disdukcapil Kota Padang dibatasi kursi yang disilangi lakban. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, Sumatera Barat, menerapkan pola jaga jarak aman bagi masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

Masyarakat yang menunggu antrian dalam mengurus surat-surat hanya boleh duduk di kursi yang tidak diberikan tanda silang.

Pemberian ruang berlebih atau jarak aman ini berlaku di ruang antrian kepengurusan surat-surat atau dokumen kependudukan warga Kota Padang. Setiap kursi ruang tunggu disilang lakban dan tali rafia (plastik).

"Masyarakat yang menunggu antrian dalam mengurus surat-surat hanya boleh duduk di kursi yang tidak diberikan tanda silang. Kami juga dibantu Satpol PP dan pihak kepolisian," kata Kepala Disdukcapik Kota Padang, Muji Susilawati, Rabu, 25 Maret 2020.

Menurut Muji, setiap masyarakat yang datang ke Disdukcapil Padang akan diarahkan duduk di kursi yang tidak disilang lakban. "Warga harus menjaga jarak. Kami juga minta masyarakat untuk mencuci tangan," katanya.

Selain itu, Disdukcapil Padang juga meminta masyarakat mengundur pengurusan surat-surat kependudukan yang tidak terlalu penting dan mendesak. Apalagi, pihaknya juga membatasi jumlah petugas di pelayanan.

Di tengah wabah corona ini, Disdukcapil Padang hanya melayani sekitar 125 pengurusan dokumen kependudukan. Sedangkan di hari biasa mencapai 500 dokumen.

"Petugas juga kami fasilitasi masker dan sarung tangan, tempat pengurusan disemprot disinfektan sebelum bekerja," katanya. []



Berita terkait
Corona, Sumbar Siapkan 25 Miliar untuk Warga Miskin
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan Rp 25 miliar untuk warga miskin dan pelaku UMKM yang ekonominya lumpuh karena corona.
Stop Tayang, Bioskop di Padang Ikut Cegah Corona
Bioskop di Kota Padang, Sumatera Barat, menyetujui imbauan pemerintah untuk meniadakan tayang selama wabah corona masih berlangsung.
Wacana Pemko Padang Isolasi Pasien Corona di Pulau
Kota Padang, Sumatera Barat, berencana mengisolasi warga terjangkit corona di sebuah pulau jika rumah sakit rujukan tidak kebanjiran pasien.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.