UNTUK INDONESIA
Pelatih Tite Tinggalkan Brasil Usai Copa America
Pelatih Brasil Tite mengundurkan diri usai Copa America 2019. Tite mundur karena kecewa dengan Konfederasi Sepak bola Brasil.
Pelatih Brasil Tite memutuskan mundur usai Copa America 2019. Tite mundur setelah tidak sepakat dengan Konfederasi Sepak bola Brasil. (Foto: copaamerica.com)

Jakarta - Kabar buruk bagi sepak bola Brasil. Pelatih Addenor Bacchi 'Tite' memutuskan mundur usai Copa America 2019. Apakah Brasil menjadi juara untuk ke sembilan kalinya atau gagal mengalahkan Peru di laga final, Tite tetap akan meninggalkan kursi panas yang diduduki sejak 2016. 

Keputusan mundur Tite dinilai mengejutkan karena dia tak pernah menyampaikan rencana masa depannya usai Copa America. Dari survei yang pernah dilakukan di tengah Copa America, mayoritas responden sepakat bila Tite lebih baik mundur bila gagal di turnamen yang digelar di negara sendiri ini. Sebaliknya, posisi bakal aman bila membawa Selecao menjadi juara. 

Namun saat menjelang laga final, menurut ESPN, Tite mengumumkan bakal mundur sebagai pelatih timnas. Pelatih berusia 58 ini dikabarkan kecewa dengan sikap Konfederasi Sepak bola Brasil (BFC) terkait dengan kepergian dua sahabat dekatnya, Edu Gaspar dan Sylvinho, selama dia menjadi pelatih timnas. 

Tite berharap federasi mempertahankan dua sosok tersebut saat mendapat tawaran dari sebuah klub. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Federasi justru membiarkan keduanya pergi karena menerima tawaran dari klub-klub Eropa. 

Edu, direktur teknik federasi yang juga menjadi manajer timnas Brasil dikabarkan sudah menerima tawaran mantan klub, Arsenal, untuk menjadi direktur klub. Rumor itu memang sudah beredar sebelum digulirkannya Copa America. 

Tite berharap federasi tidak melepasnya. Namun Edu yang pernah membela Arsenal musim 2001-2005 ini ternyata telah menerima tawaran eks klubnya. 

Sedangkan Sylvinho yang pernah menjadi asisten Tite di timnas sudah meninggalkan Brasil untuk menangani klub Ligue 1 Prancis, Lyon. Sebelumnya, Tite bersedia melepas sahabat dekat dia untuk menangani timnas U-23 yang dipersiapkan berlaga di Olimpiade 2020. 

Namun federasi dikabarkan tidak keberatan melepas Sylvinho ke Lyon. Keputusan dari federasi yang membuat Tite memilih mundur dari timnas. 

Persoalannya, kandidat pengganti Tite dinilai tidak layak menangani Canarinho. Federasi dikabarkan menyiapkan Renato Gaucho yang saat ini menangani Gremio. Selain Renato ada Mano Menezes yang pernah mengarsiteki tim Brasil pada 2010 sampai 2012. 

Tite sukses mengantarkan Brasil ke final setelah menyingkirkan musuh bebuyutan Argentina 2-0 di semifinal. Brasil pun menghadapi Peru di final Copa America di Stadion Maracana, Senin 8 Juli 2019 pukul 03.00 WIB. 

Bila sukses mengalahkan Peru, maka Brasil mengakhiri gelar juara Copa America selama 12 tahun. Mereka terakhir kali menjadi juara pada edisi 2007. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Korban Bencana di Samosir Terima 'Boras Sipirnitondi'
Bencana alam di Kabupaten Samosir mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi warga terutama para petani.