UNTUK INDONESIA
PDIP-PKB Usung Halim-JP di Pilkada Bantul
Koalisi PDIP-PKB hampir pasti mengusung Abdul Halim Muslih - Joko Purnomo dalam Pilkada Bantul 2020. Saat ini tinggal menunggu resminya saja.
Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih yang kembali maju dalam Pilkada 2020 diusung koalisi PDIP-PKB. (Foto: Tagar/Kiki Luqman)

Bantul - ‎Rekomendasi pasangan calon bupati dan wakil bupati Bantul yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan dan PKB tinggal menunggu waktu diumumkan oleh DPP PDI Perjuangan.

Abdul Halim Muslih yang kini menjabat sebagai wakil bupati Bantul dipastikan akan menjadi calon bupati Bantul sedangkan Joko Purnomo (JP) akan menjadi calon wakil bupati Bantul.

Pada Minggu 16 Februari lalu, keduanya Halim dan Joko Purnomo diundang oleh DPP PDIP dalam rapat koordinasi nasional yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto.

"Dari rapat koordinasi itu saya mendapatkan kejelasan posisi bahwa saya sebagai calon bupati dan Pak JP sebagai calon wakil bupati," kata Halim ketika ditemui pada Selasa 18 Februari 2020.

Petahana ini mengatakan sejauh ini DPP PDI Perjuangan memanggil calon kepala daerah dan calon wakil yang partai pengusungnya sudah berkomitmen untuk berkoalisi dan disetujui oleh pengurus tingkat I serta tingkat II.

Saya mendapatkan kejelasan posisi bahwa saya sebagai calon bupati dan Pak JP sebagai calon wakil bupati.

"Selain di rapat itu saya juga menandatangani pakta integritas yang isinya maju sebagai calon kepala daerah yang berpihak kepada kepentingan masyarakat dan menjaga keutuhan NKRI, dan juga tidak ada mahar-maharan," ungkap Halim.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul Joko Purnomo mengatakan Halim memang sudah mendapatkan semacam kepastian bahwa akan menjadi calon yang diputuskan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri.

"Jadi sudah pasti tapi belum resmi. Mungkin seperti itu ya posisi pak Halim, intinya di partai kami (PDI Perjuangan) tidak ada mahar-mahar politik, yang ada hanya maju untuk kepentingan rakyat," kata Joko yang juga anggota DPRD DIY. []

Baca Juga:

Berita terkait
Jalur Independen Pilkada Kota Tangsel Masih Kosong
Suhendar bacalon Wali Kota Tangsel jalur independen mengatakan mundur, KPU Tangsel belum menerima pasangan bacalon untuk jalur independen
PDIP Masih Rahasiakan Usungan di Pilkada Surabaya
PDIP masih melakukan pemetaan dan survei untuk menentukan usungan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya.
PDIP Jateng Target Menang 70 Persen di Pilkada 2020
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menargetkan sebanyak 70 persen di Jawa Tengah Pilkada serentak 2020.
0
Peringatan May Day di Tengah Ancaman Virus Corona
Buruh di Jawa Tengah tetap menggelar peringatan May Day meski di tengah ancaman virus corona.