UNTUK INDONESIA
PDIP Jateng Target Menang 70 Persen di Pilkada 2020
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menargetkan sebanyak 70 persen di Jawa Tengah Pilkada serentak 2020.
Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani di Panti Marhen Kota Semarang. (Foto: Tagar/ Sigit AF)

Semarang - Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani menargetkan pada Pilkada serentak 2020 partainya bisa menang sebanyak 70 persen di Jawa Tengah. Target itu menurutnya realistis karena Jateng sampai saat ini masih menjadi kandangnya banteng.

"Inginnya bisa sapu bersih, namun kita realistis saja. Kita juga harus memahami peta politik yang ada di Jawa Tengah. Menurutnya target 70 persen merupakan angka yang paling realistis," kata Puan saat di Panti Marhen Kota Semarang, Sabtu, 15 Februari 2020.

Yang namanya politik itu ya bisa naik dan bisa juga turun. Untuk itu, kita harus solid dan bergerak bersama untuk gotong royong memenangkan calon.

Puan mengatakan, berdasarkan pemetaan pada Pilpres dan Pilkada sebelumnya, Jateng merupakan salah satu kunci kemenangan. Selain itu, kader PDIP sampai saat ini masih terlihat kompak menghadapi dinamika politik yang ada.

"Namun, yang namanya politik itu ya bisa naik dan bisa juga turun. Untuk itu, kita harus solid dan bergerak bersama untuk gotong royong memenangkan calon dari PDIP," katanya.

Untuk menjaga solidaritas, perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua DPR RI itu berharap masing-masing DPC mengeluarkan surat rekomendasi ketika calon sudah lolos dalam tahap administrsi. Hal itu dilakukan agar ke depannya bisa kompak dan menang secara mayoritas.

"Untuk berapa jumlah calon yang akan mendaftar atau yang sudah mendapatkan surat rekomendasi kita lihat dinamikanya. Dari DPP baru akan keluar minggu depan," katanya.

Sebanyak 270 surat rekomendasi Provinsi, Kabupaten dan Kota akan mengeluarkan surat rekomendasi secara bertahap mulai dari jumlah dan mekanisme yang telah disahkan secara administratif.

"DPP akan mengeluarkan surat tekomendasi secara bertahap mulai dari jumlah hingga mekanisme administrasi untuk calon," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto mengatakan siap menjalankan intruksi yang diberikan oleh DPP. Secara pribadi, ia yakin bahwa PDIP bisa menang di 14 Kabupaten dan Kota di Jateng pada Pilkada 2020.

"Kita memang memasang target menang di 14 kabupaten dan kota," tuturnya.

Optimisme itu kata Bambang didasarkan pada banyaknya calon dari PDIP yang mempunyai suara yang kuat seperti Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Joko Sutopo dan Gibran. Ia akan menggantungkan incumben yang akan maju kembali di Pilkada 2020.

"Untuk Kota Semarang sudah beres, sudah ada 5 partai yang menyatakan akan merapat ke PDIP," katanya. []

Baca juga: 


Berita terkait
Menjemput Rezeki Car Free Day Simpang Lima Semarang
Sejumlah jalan protokol di Kota Semarang ditutup untuk CFD dan menjadi lahan bagi warga untuk mengais rezeki dengan cra berjualan.
Merayakan Valentine di Ketinggian Kota Semarang
Semarang menawarkan sejumlah tempat romantis untuk merayakan malam valentine. Mana saja?
Tolak Omnibus Law, Buruh Semarang Ancam Mogok Kerja
Buruh Jawa Tengah, khususnya Semarang siap menggelar aksi besar-besaran menolak Omnibus Law. Bahkan siap mogok kerja massal.
0
BNNP DIY Musnahkan Sabu-sabu Kurir Aceh 2,1 Kg
BNNP DIY memusnahkan sabu-sabu 2,1 Kg dari dua tersangka warga Aceh di Yogyakarta.