PDIP Serukan Seluruh Kader Berjuang Menangkan Pilkada 2020

PDIP menyeru seluruh pengurus dan kader partai berusaha keras memenangkan paslon pada pilkada serentak 2020.
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto dan Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini saat konsolidasi organisasi internal di Sekretariat PDIP Jawa Timur, Minggu, 30 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Jakarta - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyeru seluruh pengurus dan kader partai untuk berusaha keras dalam memenangkan Pilkada Serentak 2020 di beberapa daerah. 

"Penentu kemenangan adalah kerja riil di tengah rakyat, bukan besarnya dana kampanye yang dimiliki," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di sela rapat konsolidasi organisasi internal partai pemenangan Pilkada Kota Surabaya dan Kabupaten Pacitan, di Surabaya, Jumat, 23 Oktober 2020. 

Semangat perjuangan harus semakin berkobar, terlebih di tengah tantangan ideologis dan juga tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara yang tidak ringan akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: PDIP Sebut Masih Ada Elite yang Iri dengan Jokowi - Ma'ruf

Hasto menyebut pengurus dan kader PDIP tak perlu gentar jika dikeroyok oleh pasangan calon yang diusung banyak partai. Selain itu, Hasto juga mengimbau agar para calon tidak takut dengan calon lawan yang memiliki kekuatan kapital besar. 

"Jangan pernah gentar, karena sejarah partai kita adalah sejarah perjuangan bersama rakyat," ujar Hasto. 

Sementara itu, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, kata Hasto, mengingatkan bahwa seluruh anggota dan kader partai tidak boleh terlena akibat kemenangan pemilu dua kali-berturut-turut. 

"Semangat perjuangan harus semakin berkobar, terlebih di tengah tantangan ideologis dan juga tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara yang tidak ringan akibat pandemi Covid-19," kata Hasto. 

Bagi PDIP, menurut Hasto, penentu utama kemenangan adalah sejauh mana struktur partai dan jejaring relawan bekerja di tengah rakyat. Hasto mengisahkan bagaimana Presiden Pertama Ir Soekarno pernah mengatakan bahwa Indonesia merdeka tak bicara soal berapa besar dana yang dipunyai di tangan. 

"Ketika memperjuangkan Indonesia merdeka, para bapak bangsa kita tak bicara punya dana berapa atau berapa dana yang diperlukan," kata Hasto lagi. 

Baca juga: Satu Tahun Jokowi, PDIP: Konsolidasi Pemerintahan Modal Penting

Sama dengan kondisi saat ini, maka pengurus dan kader partai harus terus hadir dan turun ke bawah bersama rakyat. 

"Lakukan hal yang konkret untuk rakyat. Gotong royong untuk rakyat terus kita lakukan: dapur umum; jamu sehat; alat pelindung diri seperti masker; disinfektan; sosialisasi pencegahan Covid-19," kata Hasto lagi. 

Komunikasi politik juga harus terus dilakukan, sehingga partai hadir di grassroot dan ruang-ruang publik. []

Berita terkait
Tiga Elite PDIP Konsolidasi Pemenangan Pilkada di Simalungun
Tiga elite PDIP memberikan perhatian khusus untuk pemenangan Pilkada 2020 di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
Gawat, PA 212 Tuntut Golkar, PDIP, dan Gerindra Bubar
Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif menuntut PDI Perjuangan (PDIP), Gerindra, Partai Golkar dan parpol pemenang pemilu lainnya bubar.
Alasan PDIP Dukung Paket SEHATI di Pilkada Sumba Timur
Partai PDIP memberi alasan mengapa mendukung paket SEHATI di Pilkada Sumba Timur Desember mendatang. Ini alasannya.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.