UNTUK INDONESIA
Patung dan Nama Jalan Bagi Joon Ho Film Parasite
nama sutradara film Parasite, Bong Joon Ho diusulkan menjadi nama jalan dan dibuatkan patung di kota Daegu, Korea Selatan
Parasite jadi Film Terbaik di ajang Oscars 2020. (Foto: The Academy Award)

Jakarta - Kandidat politik konservatif di Kota Daegu, Korea Selatan, mengusulkan untuk membangun sebuah museum dan patung untuk sutradara Bong Joon Ho lantaran berhasil memboyong empat Piala Oscars di Academy Awards 2020.

Laman Indie Wire melaporkan, kelompok tersebut juga menginginkan agar nama Bong Joon Ho dijadikan sebagai nama jalan di Daegu sebagai bentuk penghormatan kepada sienas itu.

Bong sendiri memang lahir di kota tersebut pada tahun 1969 dan tinggal di sana sebelum keluarganya pindah ke Seoul ketika dia masih di sekolah dasar.

Bong Joon-HoSutradara Bong Joon-Ho memberikan pidato kemenangan saat film arahannya, Parasite, berhasil memenangkan piala Oscar 2020. (Foto: Twitter/Tha Academy)

Usulan untuk mendirikan patung Bong Joon Ho dinilai sebagai semacam perubahan kecepatan bagi kaum konservatif dan hubungan mereka dengan pembuat film.

Piala Oscar dinilai telah mengubah citra Bong menjadi seorang yang bersinar dan lebih disukai di antara peserta lain yang ada di sana.

Film Parasite besutan Bong Joon Ho mendapatkan empat penghargaan di ajang Academy Awards 2020, termasuk kategori Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Kemenangan tersebut merupakan Piala Oscar pertama yang diberikan kepada film Korea Selatan dalam sejarah 92 tahun Academy Awards.

Park Yong-chan, juru bicara Partai Korea Selatan sayap kanan Korea Selatan, mengatakan kepada Times dalam sebuah pernyataan, " Film Parasite telah menulis sejarah baru. Ini adalah pencapaian monumental yang menyebarkan kekuatan film dan budaya Korea Selatan di seluruh dunia."

Baca juga: Parasite Raih Piala Oscar 2020, Bong Joon-Ho Tenar

Sementara wacana patung dan museum Bong saat ini masih dalam bentuk proposal, namun satu hal yang pasti terjadi setelah kemenangan film Parasite adalah bergabung Bong dengan The Criterion Collection pada akhir tahun ini. []

Berita terkait
Parasite Sukses di Oscars 2020, BTS Ucapkan Selamat
Boyband BTS hingga Presiden Korsel Moon Jae In, ramai-ramai mengucapkan selamat atas kesuksesan film Parasite di Oscars 2020.
Main di Film Horor ATKKM, Ria Ricis ke Makassar
Youtuber Ria Ricis bermain dalam film horor perdananya yang berjudul Aku Tahu Kapan Kamu Mati (ATKKM).
Sinopsis Film Innocence, Kisah Anak Pencari Keadilan
Film Innocence bercerita tentang perjalanan hidup Jung In yang berjuang menjawab teka-teki demi mencari keadilan untuk sang ibu.
0
Satu Lagi, Santri di Malang Ditemukan Meninggal
Basarnas Surabaya akhirnya menemukan satu lagi santri di Malang yang terseret arus Sungai Kalimanten.