UNTUK INDONESIA
Pasutri di Bima Perkosa Anak Angkat Selama 6 Tahun
Perkosaan anak angkat sudah banyak terjadi di Indonesia, bahkan bisa jadi banyak kasus yang tidak dilaporkan (dark number) karena berbagai faktor
Ilustrasi (Sumber: hindustantimes.com)

Jakarta - Vonis atas kejahatan seksual yang dilakukan Reynhard Sinaga di Manchester, Inggris, baru hitungan hari tiba-tiba berita kejahatan seksual yang juga biadab dilakukan oleh AM, seorang PNS yang jadi pengawas di Dinas Pendidikan Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu pemerkosaan terhadap anak angkatnya, RM, selama enam tahun sejak RH berumur 15 tahun atau ujian akhir kelas 3 SMP.

Jika Reynhard merekam adegan perkosaan secara seks anal karena dia gay, sedangkan perkosaan yang dilakukan AM direkam istrinya, FN, dengan kamera ponsel. Kebiadaban yang dilakukan AM bukan hanya memerkosa RM, tapi istrinya pun, FN, seorang kepala sekolah, juga ikut memerkosa RM.

1. Suami dan Istri Perkosa Anak Angkat

Kejahatan seksual yang dilakukan AM dan FN terhadap RM berlangsung dari tahun 2014 sampai pertengahan tahun 2019 di rumah mereka di di Kecamatan Langgudu, Bima, NTB. Kasus ini terbongkar ketika foto RM tanpa busana beredar luas. Orang tua RM kemudian mengetahui foto bugil anaknya.

Menurut pengakuan RM kalau dia menolak meladeni AM diancam fotonya yang bugil akan disebarkan. Pasutri AM dan FN juga mengancam RM agar tidak menceritakan yang dialaminya ke orang lain.

Yang dilakukan oleh AM terhadap RM merupakan bentuk kejahatan seksual yaitu perkosaan, tapi ketika RM belum berumur 18 tahun perkosaan tersebut dikategorikan sebagai perkosaan terhadap anak di bawah umur. Kejahatan seksual yang dilakukan AM terhadap RM merupakan bentuk perbuatan yang melawan norma, moral, hukum dan agama.

Disebutkan istri AM yaitu FN juga ikut memerkosa RM. Ini bisa saja merupakan bentuk biseksual yaitu secara seksual tertarik dengan laki-laki, dalam hal ini suaminya AM, dan juga tertarik dengan yang sejenis yaitu RM. Bisa juga sebagai cougar yaitu parafilia pada perempuan yang menyalurkan dorongan seksual dengan gadis belia atau remaja putra.

Perkosaan terhadap anak angkat juga terjadi di beberapa tempat di Indonesia. Di Makassar, Sulsel, misalnya, pada Juli 2018 seorang anggota polisi, berpangkat Aiptu dilaporkan oleh KH, 16 tahun, anak angkatnya. KH, seorang pelajar yang jadi anak angkat, diperkosa oleh pelaku. Istri pelaku tahu perkosaan itu, malahan menikahkan suaminya dengan KH dengan nikah siri.

3. Pensiunan PNS Beristri Dua Perkosa Anak Angkat

Pada September 2014, seorang ibu menyuruh dua anaknya memerkosa NP, 5 tahun, anak angkatnya. Selanjutnya, SR alias Yy, 39 tahun, ibu angkat NP, menghabisi nyawa NP dan membuang mayatnya ke Sungai Cimandiri yang tidak jauh dari rumah mereka di Kampung Bojongloa, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Polisi menetapkan SR dan kedua anaknya RG, 16 tahun, dan Rd, 14 tahun, sebagai pelaku pembunuhan.

Di Aceh Singkil, Aceh, September 2019, seorang kakek SM, 59 tahun, warga Desa Pulau Sarok Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil tega menyetubuhi anak angkatnya yang masih berusia 12 tahun. SM yang baru saja pensiun dari PNS dan memiliki dua istri itu, setubuhi anak angkat tersebut hingga berulang kali.

Oktober 2014, seorang pemulung, TMR, warga Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, menyetubuhi BS, 16 tahun, anak angkatnya. BS hamil. Perbuatan TMR disetujui istri yang juga ibu angkat dari BS.

3. Ibu Menyuruh Dua Anaknya Perkosa Saudari Tiri

Di Denpasar, Bali, Agustus 2018, sidang kasus perkosaan yang dilakukan oleh MY, 69 tahun, asal Banyuwangi, Jawa Timur, yang didakwa memerkosa, sebut saja Mawar, 13 tahun, juga asal Banyuwangi. Disebutkan Mawar dititipkan kepada MY. Alasan MY menyetubuhi Mawar karena dia sudah menafkahi Mawar.

Sedangkan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, seorang mahasiswi berumur 17 tahun diperkosa oleh ayah angkat dan teman dekatnya selama dua hari. Ini terjadi September 2019. Polisi menetapkan dua pelaku Z, teman dekat korban, dan HD ayah angkat korban sebagai pelaku pemerkosaan.

Seorang anggota polisi di Makassar, Sulsel, dilaporkan KH, 16 tahun, pelajar, karena dia dinikahkan dengan anggota polisi tsb. Nikah siri dilakukan istri anggota polisi setela ketahuan suaminya memerkosa KH. Laporan ke polisi pada Juli 2018.

Di Kota Sukabumi, Jawa Barat, seorang ibu meminta dua anaknya memerkosa NP, 5 tahun, anak angkatnya. Setelah diperkosa NP dibuang pelaku dan dua anaknya ke Sungai Cimandiri yang tidak jauh dari rumah mereka di Kampung Bojongloa, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Polisi, pada September 2019, menetapkan SR alias Yy (39 tahun), ibu angkat NP, dan kedua anaknya RG, 16 tahun, dan Rd, 14 tahun sebagai pelaku pembunuhan NP.

Dari beberapa catatan di atas menunjukkan posisi anak angkat sangat rentan sebagai korban kejahatan fisik dan seksual, seperti diperkosa. Untuk itu jika menitipkan anak untuk diasuh orang lain perlu melalui prosedur hukum, misalnya, melalui panti asuhan yang resmi atau instansi terkait, seperti dinas sosial (dari berbagai sumber). []

Berita terkait
Catatan Kelam Kasus Ayah Perkosa Anak di Jawa Tengah
Jateng punya sederet kasus asusila terhadap anak sepanjang 2019. Perlu ada hukuman maksimal agar predator anak jera.
Remaja Aceh Berulang Kali Perkosa Anak Bawah Umur
Korban saat ini masih duduk di bangku kuliah, dan atas pemeriksaan, pelaku telah berulang kali memperkosa korban.
Ayah di Sumenep Tega Perkosa Anak Tirinya
Berdasarkan penyelidikan polisi, birahi AH sering meluap akibat keseringan menonton video porno.
0
Siswa SMPN1 Turi Susur Sungai dengan Pakaian Sekolah
Bencana yang menimpa siswa-siswi SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta, pada outbound Pramuka terjadi karena susur sungai yang tidak standar