UNTUK INDONESIA
Paslon 2 dan 3 Beda Pendapat Soal Festival Pinisi Bulukumba
Paslon nomor urut 2 dan 3 pada Pilkada Bulukumba berbeda pendapat terkait festival Pinisi. Ini penjelasannya.
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba saat proses debat publik di Hotel Gammara Makassar, Jumat 6 Oktober 2020 malam. (Foto: Tagar/Muh Afriansyah Lahia)

Bulukumba - Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2 dan 3 di Pilkada Bulukumba, nampaknya berbeda pandangan tentang festival Pinisi pada debat publik putaran pertama di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulsel, Jumat 6 November 2020.

Dimana, pasangan calon nomor 2, Askar HL-Arum Spink akan lebih memperhatikan peningkatan pada sektor pariwisata. Salah satunya adalah festival Pinisi yang setiap tahunnya digelar oleh pemerintah daerah Kabupaten Bulukumba.

Seharusnya festival ini dapat dilakukan secara maksimal jika kita bekerjasama dengan pemerintah tanah Luwu.

Arum Spink mengakui jika festival Pinisi tidak mampu memberikan efek signifikan bagi ekonomi Kabupaten Bulukumba. Olehnya itu, Paslon usungan partai PPP, Nasdem dan Gelora menawarkan penggelaran festival pinisi Bulukumba dapat bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Luwu.

"Seharusnya festival ini dapat dilakukan secara maksimal jika kita bekerjasama dengan pemerintah tanah Luwu. Karena kapal Pinisi adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan.

Sehingga Arum Spink menyakini sejumlah masyarakat Kabupaten Luwu akan berbondong-bondong memasuki Bumi Butta Panrita Lopi julukan Bulukumba.

"Jika masyarakat Luwu beramai-ramai datang ke Bulukumba, pastinya akan berbelanja di Bulukumba. Jadi saya pikir itu adalah efek bagi sektor ekonomi kita," ucap Pipink sapaan Arum Spink.

Sementara, pasangan calon nomor urut 3, Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau memiliki pandangan tersendiri terkait festival Pinisi.

TSY sapaan Tomy Satria Yulianto mengklaim keberhasilan festival Pinisi yang digagas oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba sebelumnya. Sesuai pemutakhiran data milik pemerintah.

Menurut TSY, optimalisasi kedepannya dengan melihat destinasi wisata baru yang akan menjadi program kerja pasangan Tomy Satria Yulianto - Andi Makkasau.

"Perlu melihat destinasi wisata yang baru dan itu yang akan semakin kita kembangkan masa mendatang," kata TSY.

Festival Pinisi tersebut telah masuk pada 100 event Indonesia. Sebab, kata Tomy Satria Yulianto, festival Pinisi ini telah diinterkoneksikan dengan wisata lain yang ada di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Mantan Ketua Partai Nasdem Bulukumba ini juga sempat menyinggung tentang sektor pertanian Bulukumba. Dimana produk pertanian harus lebih baik kedepannya.

"Seharusnya produk pertanian kita harus jauh lebih baik nantinya," beber dia. []

Berita terkait
18 Pelanggaran Netralitas ASN di Pilkada Bulukumba
Bawaslu Bulukumba mencatat 18 pelanggaran netralitas yang dilakukan ASN pada Pilkada 2020.
Istri Tomy Tak Terbukti Melanggar di Pilkada Bulukumba
Istri Calon Bupati Bulukumba Siti Isniyah tak terbukti melanggar netralitas ASN. Ini penjelasannya.
KPUD Bulukumba Rancang Tahapan Debat Kandidat Pilkada
Ini jadwal debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba Sulsel.
0
Paslon 2 dan 3 Beda Pendapat Soal Festival Pinisi Bulukumba
Paslon nomor urut 2 dan 3 pada Pilkada Bulukumba berbeda pendapat terkait festival Pinisi. Ini penjelasannya.