UNTUK INDONESIA
Pasien Virus Corona di Amerika Serikat Bertambah
Pasien virus corona di Amerika Serikat bertambah menjadi 13 orang menyusul ditemukannya korban virus tersebut di San Diego, California.
Virus Corona. (Foto: health.harvard.edu)

Jakarta - Virus corona jenis baru untuk pertama kalinya menjangkit seorang pasien di San Diego, California, Amerika Serikat (AS). Kasus yang dikonfirmasi terjadi pada diri seorang yang berada di atas pesawat penerbangan evakuasi pertama Negeri Paman Sam dari Wuhan, China menuju pangkalan udara Miramar itu, menjadi kasus ke-13 yang terjadi di AS.

Kabar ini pertama kali dikonfirmasi seorang pejabat setempat kepada stasiun 10News. Sumber tersebut mengatakan pasien yang terinfeksi itu langsung dibawa ke Pusat Medis San Diego Universitas California untuk menjalani perawatan.

Sumber yang merupakan pejabat rumah sakit itu tak mau menyebut identitasnya dan mengatakan bahwa pihak rumah sakit akan mengeluarkan pernyataan resminya dalam waktu dekat. Namun Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) yang menangani tanggapan AS atas wabah virus corona tak segera menjawab pernyataan.

Sebelumnya, pejabat kesehatan telah minta Departemen Pertahanan menyediakan beberapa fasilitas yang mampu menampung sedikitnya 250 orang dalam kamar-kamar pribadi sampai 29 Februari 2020.

Pentagon mengatakan empat instalasi militer telah dipilih: dua di California, satu di Colorado dan satu di Texas. Dikatakan, personel Departemen Pertahanan hanya akan memberikan dukungan tempat dan tidak bertanggung jawab untuk semua perawatan dan transportasi.

"Personel Dephan tak akan berhubungan langsung dengan orang-orang yang dievakuasi dan orang-orang ini tak akan punya akses ke lokasi lain pangkalan kecuali tempat yang sudah ditentukan," demikian bunyi pernyataan pihak Pentagon. []

Berita terkait
RI Cermati Naiknya Status Virus Corona di Singapura
Pemerintah terus memantau dampak virus corona bar terhadap perekonomian nasional, khususnya Singapura yang merupakan investor asing terbesar.
Terdeteksi 60 Kasus Baru Corona di Kapal Pesiar
Pengujian di atas kapal pesiar Diamond Princess di Jepang telah mendeteksi 60 kasus baru virus corona yang terkonfirmasi
Virus Corona, Warga Arab Daftar Jadi Relawan Wuhan
Sejumlah warga dari negara-negara Arab ramai-ramai ingin mendaftar sebagai tenaga sukarelawan di Wuhan, China, yang dikenal awal virus corona
0
Nomor Pengaduan Maladministrasi Dampak Covid-19 Banten
Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Banten membuka Posko Pengaduan Daring soal maladministrasi yang terkena dampak Covid-19.