Pandemi Bukan Halangan, Universitas Terbuka (UT) Gelar Wisuda Secara Daring

Universitas Terbuka (UT) akan menyelenggarakan wisuda secara daring pada Selasa, 30 November 2021, yang dilakukan secara daring.
Ketua Koni Pusat Rektor UT, Dirjen Dukcapil Kemendagri (Foto: Tagar/Erlangga)

Jakarta - Universitas Terbuka (UT) akan menyelenggarakan wisuda secara daring pada Selasa, 30 November 2021. Kegiatan wisuda ini dilaksanakan secara daring karena pandemi belum berakhir.

Meskipun digelar di tengah pandemi Covid-19, kegiatan wisuda ini dilaksanakan secara khidmat. Para wisudawan mengikuti acara wisuda ini melalui aplikasi zoom, serta dapat disaksikan melalui channel Youtube UT TV. Tema wisuda kali ini yaitu “Mewujudkan SDM Unggul Melalui PTJJ di Era New Normal”.

Sebanyak 1000 calon wisudawan akan mengikuti prosesi wisuda Periode II tahun akademik 2020/2021 secara daring yang berasal dari 39 Kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT se-Indonesia dan 7 mahasiswa UT di luar negeri.

Para wisudawan merupakan dari lulusan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), serta lulusan Program Magister.

Serta penyampaian 100 beasiswa untuk mahasiswa berprestasi sebagai atlet. Baik yang berada di daerah maupun di kota-kota. “Universitas Terbuka, sudah menyiapkan 100 beasiswa untuk para mahasiswa yang berprestasi di bidang olah raga.” Ujar Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. selaku Rektor Universitas Terbuka.

Pada wisuda kali ini, orasi ilmiah disampaikan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H., tidak hanya menyampaikan pidato ilmiah. Dirjen Dukcapil Kemendagri juga berkesempatan untuk menandatangi kerja sama dengan pihak Universitas Terbuka.

Kerja sama ini dilakukan atas dasar Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik dalam Lingkup Tugas Universitas Terbuka. Penandatanganan PKS dilakukan oleh dengan Rektor UT dengan Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H.



Pada tewa wisuda kali ini mewujudkan sdm unggul melalui PTTJJ era new normal, Indonesia sangat membutuhkan sdm yg unggul karena harus berfikir secara kreatif dan inovatif,


Bukan banya di hadiri oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrulloh, S.H., M.H., tetapi ada juga Ketua Koni Pusat, Letjen (Purn) Marciano Norman, ia memberikan sambutan di acara wisuda ini.

Ketua Koni Pusat Mengatakan “Saya berharap dukungan dari bapak dirjen, diharapkan UT dapat menyiapkan bekal untuk para atlet yg berkuliah di UT ini.”

Turut hadir juga, Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. selaku Rektor Universitas Terbuka (UT), ia menyampaikan sambutan yang bisa memotivasi para wisudawan yang hari ini di wisuda.

“Pada tewa wisuda kali ini mewujudkan sdm unggul melalui PTTJJ era new normal, Indonesia sangat membutuhkan sdm yg unggul karena harus berfikir secara kreatif dan inovatif," ujar Rektor.

Dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding, /MoU) antara UT dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tentang Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh Universitas Terbuka yang ditandatangani oleh Ketua KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dengan Rektor UT.

Kondisi pandemi ini menjadi tantangan untuk para wisudawan, tapi Rektor percaya bahawa wisudawan bisa menjdi pionir untuk bangsa ini, UT menjadi pelopor pembelajaran jarak jauh dan jumlah alumni lebih dari seribu mahasiswa.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Tanri Abeng University Wisuda 50 Mahasiswa Angkatan IV
Tanri Abeng University (TAU) memwisuda 50 mahasiswa program sarjana secara virtual pada Sabtu, 12 desember 2020.
Mengintip Wisuda Unsyiah Gelar Perdana Daring dan Luring
Pertama kalinya, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh menggelar wisuda secara daring dan luring di dalam Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam.
Menyesal Lambat Wisuda, Hasmin Pasang Toga di Nisan Ayah
Tak di hadiri ayah saat wisuda, mahasiswa di Makassar pasang toga di nisan sang ayah. Ini kisahnya.
0
Pandemi Bukan Halangan, Universitas Terbuka (UT) Gelar Wisuda Secara Daring
Universitas Terbuka (UT) akan menyelenggarakan wisuda secara daring pada Selasa, 30 November 2021, yang dilakukan secara daring.