Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Weak Bakal Digelar

Gabungan Industri Kendaraan Motor Indonesia (Gaikindo) akan kembali menggelar pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Weak (GJAW) Maret 2022.
Sosialisai pameran otomotif GJAW. (Foto: Tagar/Antara)

Jakarta – Gabungan Industri Kendaraan Motor Indonesia (Gaikindo) akan kembali menggelar pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Weak (GJAW) pada 5 – 13 Maret 2022 mendatang, yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Yohannes Nangoi selaku ketua umum Gaikindo menyampaikan, bahwa GJAW Berbeda dengan ajang pameran otomotif sebelumnya, GIIAS 2021. Kali ini fokus utama dalam pameran Gaikindo Jakarta Auto Weak adalah pada sisi penjualannya.

“Berbeda dengan GIIAS 2021 yang fokus pada inovasi genologi produk, di Jakarta Auto Week kami akan lebih fokus pada sisi penjualan. Kami berharap melalui langkah ini dapat industri otomotif yang akan berkontribusi pada perkenonomian nasional," ujarnya dalam keterangan pers dilansir Sabtu, 18 Desember 2021.


Penyelenggaraan pameran merupakan langkah yang tepat untuk mendorong percepatan kebangkitan industri otomotif.


Sebelumnya, ajang pameran otomotif ini telah direncanakan akan dilaksanakan pada semester pertama tahun 2021 lalu. Namun, dikarenakan suatu alasan serta pertimbangan utama kesehatan dan keselamatan masyarakat yang masih belum kondusif, maka pada saat itu acara tersebut ditunda.

Yohannes Nangoi mengatakan, GJAW ini digelar sekaligus untuk mendorong kembalinya kebangkitan industri otomotif di Indonesia dan juga untuk mendorong peningkatan penjualan kendaraan.

“Penyelenggaraan pameran merupakan langkah yang tepat untuk mendorong percepatan kebangkitan industri otomotif,” kata Yohannes Nangoi.

Salah satu upayah pemerintah dalam membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia memalui industri Otomotif adalah dengan memberikan pemotongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) ynag telah dimulai sejak Maret 2020 lalu.

Sebelumnya Gaikindo juga telah melakukan dua kali ajang pameran otomotif, yakni GIIAS 2021 di ICE BSD pada 11 – 22 November 2021 lalu dan dilanjut di Surabaya pada 8 – 12 Desember 2021. Kedua pemeran tersebut telah sukses dilaksanakan, walaupun sempat terpukul akibat pandemi Covid-19.

Menurut Taufik Bawazier selaku Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, bahwa GJAW akan jadi sebuah momentum penting yang menjaga gairah industri otomotif.

“Jakarta Auto Week ini salah satu penjaga momentum, jangan sampai transisi ke tahun 2022 terjadi penurunan,” ucap Taufiek Bawazier.

Dipastikan, ajang pameran Gaikin Jakarta Auto Week akan digelar dengan protokol kesehatan. Pengunjung juga harus terdaftar dalam aplikasi Pedul Lindungi serta harus sudah divaksin dengan dosis yang lengkap.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
DFSK Perkenalkan Seres SF5 DI GIIAS Surabaya 2021
DFSK ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa pihaknya memiliki teknologi serta kemampuan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Simak ulasannya.
Didukung Puluhan Merek, GIIAS 2021 Digelar di Surabaya
Ajang otomotif ini adalah milik Gaikindo yang merupakan bagian dari GIIAS The Series yang akan berlangsung mulai dari 8 sampai 12 Desember 2021.
Hyundai Debut di GIIAS 2021, Intip Fitur SUV Creta
Dalam debutnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2021), Hyundai meraih sebanyak 1.477 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).
0
Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Weak Bakal Digelar
Gabungan Industri Kendaraan Motor Indonesia (Gaikindo) akan kembali menggelar pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Weak (GJAW) Maret 2022.