Paman Bobby Nasution Mundur dari Pilkada Tapsel

Doli Sinomba Siregar, pamannya Bobby Nasution urungkan niat maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tapsel 2020.
Bapaslon Bupati - Wakil Bupati Tapsel, Yusuf - Roby yang diusung Hanura dan NasDem mendaftar ke KPU Tapsel. (Foto: Tagar/Andi Nasution)

Tapanuli Selatan - Doli Sinomba Siregar, pamannya Bobby Nasution, yang sebelumnya dikabarkan akan maju sebagai calon Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumut, urungkan niat maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tapsel 2020.

Doli Sinomba yang akan berpasangan dengan bakal calon Wakil Bupati Tapsel, Yusuf Siregar, dikabarkan sudah mendapat rekomendasi dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Namun menjelang pembukaan pendaftaran bakal calon di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Doli Sinomba melalui laman Facebook menyatakan undur diri dari Pilkada Tapsel, dengan alasan keluarga.

Partai Hanura dan NasDem kemudian bergerak cepat, dan menunjuk Yusuf Siregar sebagai bakal calon Bupati Tapsel, didampingi bakal calon Wakil Bupati Tapsel, Roby Agusman Harahap, yang diketahui anak dari mantan Wali Kota Medan, Rahudman Harahap.

Bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati - Wakil Bupati Tapsel, Yusuf Siregar - Roby Agusman Harahap pun resmi mendaftar ke KPU Tapsel, di Jalan Raya Sipirok - Padang Sidempuan, Desa Situmba, Kecamatan Sipirok, Tapsel, Minggu, 6 September 2020 malam.

Bapaslon Yusuf - Roby diusung Partai NasDem dan Hanura, yang masing-masing memiliki empat kursi dari total 35 jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tapsel.

Yusuf - Roby tercatat sebagai pendaftar ke dua di KPU Tapsel, setelah sebelumnya pada hari yang sama, yakni Minggu, 6 September 2020 sekitar pukul 16.00 WIB, bapaslon Dolly Putra Parlindungan Pasaribu - Rasyid mendaftar terlebih dahulu.

Dolly Putra Parlindungan Pasaribu ini dikabarkan mengusung jargon Lanjutkan Pembangunan, dan dikabarkan sebagai keponakan dari Bupati Tapsel saat ini, Syahrul M Pasaribu.

Usai Isya, bapaslon Yusuf - Roby tiba di kantor sekretariat KPU Tapsel didampingi pimpinan partai pengusung antara lain, DPD Partai NasDem dan DPC Partai Hanura Tapsel, beserta anggota DPRD dari kedua partai tersebut dan simpatisan bapaslon.

Rombongan bapaslon ini disambut Ketua KPU, Panataran Simanjuntak dan seluruh komisioner KPU. Dan juga dihadiri komisioner dan ketua Bawaslu Tapsel.

Sebelum masuk menyerahkan bukti dukungan dan menyerahkan formulir B1-KWK sebagai salah satu syarat penting mendaftar, bapaslon Yusuf - Roby terlebih dahulu menunjukkan masing-masing surat hasil tes swab mereka yang hasilnya negatif. "Negatif ya, negatif," kata Yusuf - Roby di saat yang hampir bersamaan.

Kemudian, melalui video siaran langsung laman resmi Facebook KPU Tapsel, setelah berkas pendaftaran diverifikasi, di hadapan bapaslon Yusuf - Roby dan pimpinan parpol pengusung serta Bawaslu, Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak menyebut pendaftaran Yusuf - Roby memenuhi syarat.

KPU Tapsel dalam kesempatan itu secara ketat menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dengan mewajibkan pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak. Jumlah peserta yang mendaftarkan juga dibatasi hanya ketua dan sekretaris parpol pengusung yang boleh memasuki lokasi pendaftaran.

Di lokasi kantor KPU Tapsel, terlihat sejumlah petugas dari kepolisian dan TNI berjaga-jaga dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. []

Berita terkait
Dua Pilkada di Sulawesi Selatan Lawan Kotak Kosong
Sebanyak 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Pilkada serentak. Dua diantaranya lawan kotak kosong. Ini dua wilayah tersebut.
Paslon di Pilkada Surabaya Akan Dijaga Dua Polisi
Polrestabes Surabaya akan menempatkan dua personel melekat ke masing-masing paslon di Pilkada Surabaya untuk pengamanan.
Pilkada Solok, Nofi-Yulfadri Daftar di Hari Terakhir
Nofi Candra dan Yulfadri resmi mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Solok.
0
Darmizal: Abdee Slank, Jati Diri Milenial yang Berpotensi
Ketua Umum Relawan Jokowi HM Darmizal MS mengatakan Abdee Slank merupakan jati diri milenila yang memiliki potensi untuk mengambagkan Telkom.